Berikut Adalah Faktor Penyebab Telinga Terasa Tersumbat

Telinga terasa tersumbat adalah suatu yang harus sangat diperhatikan, takutnya akan terjadi hal tidak diinginkan. Ketika masalah tersebut sudah tidak bisa diatasi secara mandiri, maka segera bawa ke ahli medis di rumah sakit terdekat.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan telinga merasa tersumbat. Sehingga akan sangat mengganggu pada kualitas pendengaran. Tentunya itu semua bisa diatasi dengan menggunakan beberapa cara khusus.

Telinga tersumbat dapat hilang dengan sendirinya, tetapi memerlukan waktu yang cukup lama. Cara tersebut tidak direkomendasikan, karena akan menimbulkan risiko serius. Contohnya hilangnya fungsi pendengaran secara permanen.

Salah satu penyebab utama telinga tersumbat yang sering Anda rasakan adalah ketika sedang berenang di air. ketika air masuk ke dalam bagian telinga, tentunya pendengaran akan terasa mengurang.

Namun untuk mengatasi masalah air masuk pada telinga ada cara khusus dan populer digunakan banyak orang. Salah satunya adalah dengan memiringkan kepala serta sedikit digoyangkan sampai air yang di dalam keluar dengan sendirinya.

Penyebab Telinga Terasa Tersumbat Secara Umum

Telinga dapat terasa tersumbat dapat terjadi ketika ada benda yang masuk ke dalam bagian telinga atau ada penyebab lainnya. Tentunya ini semua harus dipelajari lebih lanjut. sehingga Anda akan sangat mudah dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Berikut adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan telinga tersumbat. Tentunya informasi ini sangat bermanfaat untuk Anda.

1. Sinusitis

Penyebab pertama telinga tersumbat adalah sinusitis. Rongga sinus selalu terhubung dengan bagian dalam hidung. Oleh karena itu, peradangan atau sinusitis ini sangat sering menyerang dan akan mengakibatkan beberapa rasa sakit. Seperti, pusing, demam, dll.

Tentunya sinusitis ini akan mengganggu aktifitas sehari hari. Apalagi yang bekerja sebagai costumer service. Sangat dipastikan akan menghambat pekerjaannya.

2. Pilek

Pilek ini merupakan salah satu penyebab utama dari telinga terasa tersumbat. Di mana semua itu terjadi karena ada infeksi dari virus dan bakteri. Kondisi ini sangat bisa memicu peradangan pada saluran pernafasan yang menghubungkan pada hidung dan telinga.

Ketika pilek sudah mereda, tentunya peradangan akan berhenti seketika dan pada akhirnya hidung dan telinga akan terasa lebih ringan. Tanpa merasakan rasa sakit lagi. Oleh karena itu ada baiknya jika sedang flu untuk diobati secara rutin.

3. Penumpukan Kotoran Telinga

Jika Anda kurang menjaga kebersihan pada bagian tubuh, termasuk telinga, tentunya akan mengakibatkan risiko serius. Seperti telinga tersumbat yang diakibatkan oleh penumpukan kotoran bagian dalam telinga.

Alangkah baiknya jika kotoran telinga dibersihkan. Sehingga akan selalu terjaga kesehatannya dan tidak akan terjadi tersumbatnya telinga. Tentunya ini semua akan membantu ketika sedang melakukan interaksi yang membutuhkan pendengaran baik.

Tetapi ada juga kasus yang serius ketika sulitnya mengeluarkan kotoran pada bagian dalam telinga. Biasanya ukuran telinga sangat besar dan sudah mengering. Jangan khawatir, itu semua dapat diatasi dengan tenaga ahli medis. Seperti dokter spesialis THT.

4. Kemasukan Air

Seperti yang sudah diketahui bahwa salah satu penyebab telinga terasa tersumbat yang sering dialami oleh sebagian orang adalah kemasukan air. Biasanya kasus ini terjadi ketika sedang mandi atau berenang.

Namun untuk mengatasi permasalah tersebut tidak memerlukan alat atau cara yang rumit. Cukup dengan memasukan sedikit air ke dalam telinga, lalu miringkan kepala kebagian samping. Ketika sudah terasa panas makan goyangkan kepala sampai air keluar.

5. Berada di Daratan Tinggi

Ketika Anda sedang manaiki pesawat, tentunya akan merasakan sedikit sesak nafas dan telinga terasa tersumbat. Itu semua diakibatkan oleh tekanan udara yang berbeda. Sehingga akan berdampak pada tubuh manusia.

Biasanya ketika Anda merasakan gangguan pada telinga disaat pesawat sedang take off akan diberikan penutup telinga dengan bentuk headphone. Tujuannya adalah untuk meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan dari perbedaan tekanan udara.

Cara untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

ada cara ampuh untuk mengatasi telinga terasa tersumbat. Tentunya dapat dilakukan sendiri di rumah masing masing.

Lakukan kompres dengan air hangat pada bagian telinga yang sakit selama 15 sampai 30 menit lamanya. Tujuannya untuk melancarkan peredaran darah dan akan mengurangi rasa sakit pada telinga

Semoga informasi yang kami sampaikan akan bermanfaat untuk Anda. Sehingga bisa mengatasi permasalah telinga terasa tersumbat secara mandiri tanpa kebingungan.