Penting! 4 Tanda Ginjal Sehat Yang Harus Kamu Tahu

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Gangguan pada ginjal tentu akan membuat kesehatan tubuh juga terganggu. Oleh karena itu, anda wajib mengetahui tanda ginjal sehat dan ginjal yang tidak sehat.

Apa saja ciri-cirinya? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!

4 Tanda ginjal sehat

Ginjal merupakan organ ekskresi dalam tubuh yang memiliki banyak fungsi penting. Beberapa fungsi ginjal antara lain, yaitu sebagai penyaring limbah metabolisme dalam tubuh, menyaring mineral dalam darah, menjaga kesimbangan cairan dalam tubuh, menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh, dan masih banyak lagi.

Melihat begitu banyak fungsi penting dari ginjal, maka menjaga kesehatan ginjal adalah satu hal yang harus kita lakukan. Adapun beberapa tanda ginjal sehat yang dapat anda lihat secara langsung.

Apa saja? Berikut adalah empat tanda ginjal sehat yang perlu anda ketahui.

1. Urine Berwarna Jernih

Tanda pertama yang bisa menunjukkan jika ginjal anda sehat adalah, anda memiliki warna urine yang jernih. Warna urine yang jernih ini menandakan jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik.

Selain itu, ini juga menandakan jika sistem penyaringan dalam ginjal berfungsi dengan baik.

2. Tidak Mengalami Kram dan Bengkak di Bagian Tubuh

Tanda kedua ginjal yang sehat yaitu anda tidak mengalami kram otot atau terdapat bengkak di bagian tubuh tertentu. Dengan kata lain, anda memiliki tubuh yang normal tanpa keluhan rasa sakit atau kram dibagian tertentu.

Tubuh yang normal menunjukkan kinerja ginjal yang berfungsi secara optimal sebagai organ yang menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Memiliki Tidur yang Berkualitas

Hal berikutnya yang menandakan ginjal anda sehat yaitu, anda memiliki waktu tidur yang baik dan berkualitas. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki gangguan tidur, secara umum memiliki masalah pada ginjalnya.

Ginjal yang tidak sehat akan mengalami penumpukan kotoran dan racun dalam darah, sehingga dapat berdampak pada gangguan sulit tidur.

Tahukah Kamu Perbedaan Batu Empedu dan Batu Ginjal

4. Tubuh Terasa Rileks dan Segar

Ciri berikutnya yang bisa anda amati langsung adalah tubuh terasa rileks dan segar. Hal ini biasanya akan lebih terlihat ketika anda baru bangun tidur.

Ginjal yang sehat akan membuat anda memiliki waktu tidur yang baik dan berkualitas. Dengan demikian, anda juga akan merasa rileks dan segar ketika bangun di pagi harinya.

Berbeda jika anda memiliki ginjal yang tidak sehat, anda akan mengalami gangguan sulit tidur sehingga berdampak juga pada penurunan kebugaran tubuh.

Cara Merawat agar Ginjal Sehat

Seperti yang kita tahu bahwa ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Oleh karena itu kita perlu merawatnya dengan baik agar ginjal kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit ginjal, seperti batu ginjal, gagal ginjal, uremia, dll.

Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat ginjal anda agar selalu sehat. Cara merawat agar ginjal sehat adalah sebagai berikut.

  • Minum banyak air putih
  • Makan makanan yang sehat
  • Tidak merokok dan meminum minuman beralkohol
  • Menjaga dan memperhatikan tekanan darah
  • Menjaga berat badan
  • Melakukan olahraga rutin

Penutup

Jadi demikianlah penjelasan singkat mengenai organ ginjal, tanda-tanda ginjal sehat, serta beberapa cara untuk merawat dan menjaga ginjal anda tetap sehat. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jaga kesehatan dan terima kasih.