Sebutkan 3 Bentuk Latihan Kelincahan: Asah Kelincahan

Sebutkan 3 bentuk latihan kelincahan, yang dapat berkaitan dengan sifat-sifat lincah. Kelincahan ini sangat dibutuhkan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Karena permainan melatih kelincahan untuk bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan tubuh yang lincah coba lakukan beberapa latihan berikut ini. Namun tidak perlu khawatir jika kurang lincah. Sebab kelincahan itu dapat dilatih, meski bukan perkara yang mudah untuk melatih itu semua.

Hal tersebut memerlukan konsistensi, kedisiplinan serta komitmen untuk terus melakukan hal tersebut. Karena melakukan latihan kelincahan secara teratur dan dengan benar dapat membakar kalori 600-800 kkal/jam.

Macam-Macam Latihan Kelincahan

Berikut ini beberapa macam latihan yang dapat meningkatkan kelincahan:

1. Lari Bolak-Balik

Sebelum melakukan gerakan lari bolak balik ini perlu menentukan garis start dan finish terlebih dahulu. Lalu, posisikan diri untuk siap berlari. Lalu selanjutnya lakukan sprint atau untuk lari cepat ke garis finish.

Lalu jika sudah mencapai garis finish, maka berhentilah tiba-tiba. Kemudian jika sudah, bisa kembali lari menuju garis awal. Atau dapat juga lari mundur secara cepat hingga menyentuh garis start atau lari cepat ke garis finish.

Sebutkan 3 bentuk latihan kelincahan adalah dengan lari bolak-balik. Lakukan latihan kelincahan tersebut dengan dapat mempertahankan kecepatan dan lakukan balik arah dengan baik. Sehingga kelincahan pun terasah serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Latihan Zig Zag

Bisa lakukan latihan untuk melatih kelincahan dengan melakukan lompat zig zag dan lari zig zag. Seperti melakukan latihan lompat zig zag, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Seperti harus mempersiapkan garis tangga yang dibuat dari selotip.

Beri jarak antara 30-60 cm sehingga kaki dapat keluar masuk dengan mudah. Setelah itu bisa coba berdirilah di salah satu kotak pada ujung tangga. Kemudian, tekuk lutut dan bersedia melompat ke dalam kotak. Lakukan dengan cepat dan secara berulang.

Kemudian ada latihan seperti lari zig zag yang bisa dilakukan untuk melatih kelincahan. Pertama, perlu menyiapkan kerucut yang disusun sekitar 60 cm, secara berjajar untuk membuat garis. Berikan jarak antar kerucut untuk tidak terlalu berdekatan.

Setelah itu berlarilah secara zig zag untuk melewati kerucut-kerucut tersebut untuk melatih kelincahan. Lalu setelah sampai ke ujung bisa lari kembali secara zig zag. Namun, perubahan tersebut dapat dilakukan dengan cepat.

Jika sebutkan 3 bentuk latihan kelincahan, maka salah satunya bisa gunakan latihan lompat dan lari zig zag. Maka bisa lakukan kegiatan tersebut untuk latihan kecepatan. Namun, perlu diketahui perbedaan kecepatan dan kelincahan.

Baca Juga Ini: Perbedaan Kecepatan dan Kelincahan

3. Menangkap Bola

Selanjutnya bisa coba lakukan latihan dalam menangkap bola. Dalam hal ini lempar tangkap dapat dijadikan sebagai salah satu olahraga yang dapat meningkatkan kelincahan. Terutama untuk yang memiliki reflek tubuh yang kurang baik.

Sebagai cara sederhananya dapat menggunakan bola tenis. Kemudian untuk cara melakukan gerakan ini dengan menghadap tembok dengan jarak 2-3 meter. Lalu lempar bola tenis langsung ke arah tembok sampai memantul dan tangkap.

Lakukan secara berulang dengan sudut lemparan yang bervariasi. Selain itu coba untuk meminta bantuan teman, sehingga menjadi lebih sulit ditebak.  Meskipun hal tersebut terlihat sederhana, namun latihan ini bisa mengasah refleks tubuh dengan baik serta mengasah kelincahan.

Kalau untuk sebutkan 3 bentuk latihan kelincahan. Maka bisa coba pilih lari bolak balik, latihan zig zag dan menangkap bola. Ketiga olahraga tersebut bisa dijadikan sebagai bentuk latihan kelincahan.