Salah Satu Bentuk Latihan Kelenturan Adalah: Simpel Banget!

Ada berbagai bentuk dari Latihan kelenturan, salah satu bentuk Latihan kelenturan adalah berbagai bentuk peregangan yang mudah untuk dilakukan di rumah. Beberapa bentuk Latihan kelenturan memang cukup ideal untuk dilakukan di rumah.

Melatih kelenturan tubuh memang memiliki kesan sulit untuk dilakukan. Apalagi, jika dilakukan sendiri di rumah tanpa alat tertentu. Namun ternyata, ada berbagai bentuk Latihan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kelenturan dan kelentukan tubuh di rumah.

Dengan melakukan bentuk Latihan yang sederhana ini. Para pembaca bisa melakukan Latihan dan meningkatkan kelenturan tubuhnya sendiri di rumah. Dengan berbagai Latihan yang sangat memungkinkan dilakukan oleh para pemula.

5 Bentuk Latihan Kelenturan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak Latihan kelenturan di Rumah yang mudah untuk dilakukan oleh para pemula. Tubuh yang lentur sendiri merupakan sebuah modal awal untuk membangun tubuh yang siap berolahraga.

Bagi, para pembaca yang ingin serius dan fokus dalam berolahraga. Memiliki tubuh yang lentur merupakan modal awal yang penting. Berikut adalah berbagai bentuk Latihan yang bisa dilakukan di rumah.

1. Melatih Kelenturan dengan Peregangan Dinamis

Salah satu bentuk Latihan kelenturan adalah peregangan dinamis yang cukup umum dilakukan sebelum berolahraga. Dari kegiatan olahraga pemula sampai profesional sangat perlu untuk melakukan peregangan sebelum berolahraga.

Peregangan yang dinamis merupakan jenis Latihan kelenturan yang memiliki titik berat pada bagian otot leher, bahu, dan bagian pinggul. Dalam melakukan peregangan ini biasanya dilakukan berbagai pergerakan pada beberapa bagian tersebut.

Gerakan yang biasa dilakukan seperti gerakan memutar, ke depan dan ke belakang, sampai gerakan ke samping dan ke atas. Ada banyak gerakan yang bisa dikreasikan untuk melakukan peregangan dinamis.

2. Melatih Otot dengan Peregangan Statis

Selanjutnya, salah satu bentuk Latihan kelenturan adalah peregangan jenis statis. Berbeda dengan peregangan dinamis yang melibatkan pergerakan. Sesuai dengan namanya, peregangan ingin bisa dilakukan dengan diam di tempat.

Peregangan statis jauh lebih sederhana daripada peregangan dinamis. Tujuan utamanya biasanya adalah merilekskan otot. Peregangan jenis ini banyak dilakukan seusai olahraga berat terutama untuk proses pendinginan.

Tahukah Kamu: Manfaat Latihan Kelenturan

3. Pose Yoga Simpel dengan Reclining Pigeon

Reclining Pigeon merupakan salah satu gerakan dalam yoga. Gerakan ini tergolong sederhana dan sangat mudah dilakukan. Ideal untuk mengurangi rasa sakit pada bagian pinggang. Cara melakukan gerakan ini, para pembaca tinggal berbaring pada matras.

Kemudian, tempatkan telapak kaki di atas paha kiri dengan posisi lutut yang menekuk. Pastikan untuk menjaga keseimbangan selama di posisi ini. Dengan menempatkan kedua tangan di bagian belakang paha.

4. Latihan Kelenturan Pinggang dengan Hip Flexor

Sesuai dengan nama latihannya, Hip Flexor memang ditujukan untuk kelenturan pada bagian pinggang. Cara melakukannya juga sangat mudah, atur posisi menekuk dengan tumpuan pada bagian lutut seperti posisi gerakan lunges.

Kemudian, dorong kaki ke depan hingga bagian lutut menekuk. Lakukan secara bergantian dengan lutut kanan dan lutut kiri sebagai tumpuan.

5. Latih Keseimbangan dengan Bridge With Leg Reach

Cara melakukan gerakan ini sangat mudah, berbaringlah pada matras, kemudian letakan tangan di atas kepala. Angkat bokong perlahan dengan cara menekuk lutut dengan posisi tubuh tegak lurus. Angkat sedikit bagian tumit untuk mendukung keseimbangan.

Salah satu bentuk Latihan kelenturan adalah peregangan dan ada beberapa gerakan lain yang lebih sulit. Namun bentuk Latihan kelenturan yang disebutkan di atas merupakan bentuk Latihan yang paling mudah untuk dilakukan di rumah.