Salah Satu Bentuk Latihan Daya Tahan Otot Adalah: Cek Disini!

Bicara soal olahraga fisik, rasanya tidak asing dengan latihan daya tahan otot. Salah satu bentuk latihan daya tahan otot adalah latihan beban seperti sit-up, push-up, squat, dan gym machine. Latihan otot sekarang ini banyak diminati untuk memperbaiki penampilan.

Apa Itu Daya Tahan Otot?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara latihan daya tahan otot, ketahui dulu apa itu daya tahan otot? Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), daya tahan otot merupakan kapasitas sekelompok otot dalam melakukan kontraksi secara terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.

Salah satu bentuk latihan daya tahan otot adalah berupa latihan beban memakai dumble dan beberapa model latihan lainnya. Latihan daya tahan otot bertujuan untuk melatih kemampuan otot sehingga membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Selain itu, latihan otot dinilai mampu melancarkan peredaran darah dan metabolisme tubuh. Dengan begitu, fungsi dan kinerja organ tubuh menjadi lebih optimal sehingga mendukung hidup yang lebih sehat.

Latihan otot tersebut sebenarnya tidak harus menggunakan alat atau peralatan khusus. Salah satu bentuk latihan daya tahan otot adalah push up. Latihan ini ditujukan untuk melatih kekuatan otot pada dada, lengan, dan bahu.

Cek Disini: Penjelasan Lain Tentang Daya Tahan Otot

4 Bentuk Latihan Daya Tahan Otot

Bagaimana, sudah terjawab mengenai apa itu daya tahan otot? Berikutnya, akan dibahas tentang berbagai contoh bentuk latihan kekuatan otot yang dapat disimak sebagai berikut.

1. Latihan Squat

Latihan ini bertujuan untuk melatih otot kaki, terutama pada otot adductor magnus, quadriceps femoris, dan gluteus maximus. Cara melakukannya, yakni posisi berdiri dengan kaki dibuka lebar, posisi punggung harus lurus, lalu ditekuk lutut dan diturunkan bagian pinggul.

Bagian pinggul tersebut diturunkan sampai hampir menyentuh lantai. Pada posisi tersebut, tahan sejenak beberapa detik, setelah itu naikkan posisi menjadi berdiri. Lakukan gerakan tersebut berulang kali, setidaknya hingga 10 kali.

2. Walking Lunges

Selain push up yang biasa dikenal, Salah satu bentuk latihan daya tahan otot adalah walking lunges. Caranya, berdiri tegak dan membuka kaki selebar bahu. Ambil langkah besar ke depan dengan kaki kanan dan tubuh diturunkan ke bawah sehingga lutut bagian belakang menyentuh lantai.

Kemudian, dorong tubuh ke bawah menggunakan kaki depan lalu berdiri kembali. Setelah itu, ulangi gerakan tersebut bergantian antara kaki kiri dan kanan. Lakukan pengulangan sekitar 30 lunges.

3. Sit-up

Latihan daya tahan otot yang satu ini sepertinya sudah umum dikenal dan relatif mudah dilakukan. Caranya, buat posisi tubuh berbaring telentang dulu lalu tekuk lutut. Sementara bagian kaki menapak di lantai, kemudian posisi tangan menyilang di atas dada atau didekatkan telinga.

Langkah selanjutnya, angkat badan ke atas menuju arah lutut. Lakukan sambil menghembuskan napas dan ulangi gerakan. Latihan sit-up ini sangat cocok untuk melatih otot perut sekaligus membakar lemaknya.

4. Latihan High Jump

Latihan daya tahan otot ini sering disebut olahraga lompat tinggi. Cara melakukannya, yaitu berlarilah dalam jarak 3-5 meter kemudian melompati mistar dan jangan sampai menjatuhkannya. Jenis latihan otot ini dinilai cukup sulit karena tidak semua orang bisa melakukan lompatan mistar.

Itulah rangkain info mengenai apa itu daya tahan otot dan salah satu bentuk latihan daya tahan otot yang dapat menambah pengetahuan. Sebelum melakukan latihan daya tahan otot tersebut, disarankan melakukan pemanasan terlebih dahulu.