Penyebab Sakit Mata Sebelah Kiri serta Cara Mengatasinya

Selain menyerang kedua sisi, beberapa orang ada yang mengalami gejala sakit mata sebelah kiri atau di salah satu sisinya saja. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja dengan penyebab berbeda.

Bergantung pada faktor penyebabnya, cara mengatasi kondisi gangguan organ penglihatan pada sisi tertentu umumnya variatif. Karena gejala ini bukan merupakan kondisi serius, metode penanganannya juga cenderung lebih mudah dan sederhana.

Namun umumnya, gejala sakit mata di sebelah kiri kebanyakan disebabkan karena iritasi atau infeksi. Sebaiknya, kenali dahulu apa faktor penyebab munculnya gangguan tersebut agar Anda dapat memilih cara pengobatan yang sesuai.

Gejala Sakit Mata Sebelah Kiri dan Kemungkinan Penyebabnya

Gejala sakit pada salah satu sisi organ penglihatan bisa bervariasi, misalnya sensasi perih saat berkedip, atau mata merah dan berair. Berikut adalah kemungkinan faktor penyebab terganggunya organ penglihatan sebelah kiri.

1. Konjungtivitis

Salah satu masalah pada sisi mata tertentu yang umum terjadi adalah konjungtivitis dengan gejala utama mata memerah. Penyebabnya adalah terjadi peradangan pada bagian konjungtiva (selaput) sehingga berkedip menjadi terasa sakit.

Kondisi ini perlu diwaspadai, sebab dapat disebabkan oleh alergi atau infeksi dan juga bersifat menular. Sebaiknya, hindari kontak langsung sekresi organ penglihatan dari orang terinfeksi.

2. Timbulnya Bintitan

Gejala selanjutnya yang juga banyak dialami oleh orang-orang adalah bintitan, yaitu benjolan mirip bisul atau jerawat di area organ penglihatan. Umumnya, bintitan disertai mata memerah serta rasa nyeri saat berkedip.

3. Dakriosistitis

Dakriosistitis merupakan istilah medis untuk infeksi pada kelenjar/saluran air mata. Organ penglihatan dengan kondisi ini akan mengalami luka serta pembengkakan hingga tampak kemerahan akibat meradang.

Umumnya, infeksi ini dapat terjadi saat saluran tersebut tersumbat sehingga bakteri dapat tumbuh dan menginfeksi. Cara mendeteksinya adalah dengan melakukan penekanan di dekat area sinus.

Baca Juga: Penyebab Sakit Mata Sebelah Kanan serta Cara Mengatasinya

4. Neuritis Optik

Kemungkinan penyebab sakit mata sebelah kiri selanjutnya adalah terjadinya neuritis optik. Neuritik optik terjadi saat saraf optik meradang sehingga mengganggu transmisi informasi visual antara otak (saraf pusat) dengan organ penglihatan.

5. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering terjadi ketika organ penglihatan tidak memperoleh cukup pelumasan dari kelenjar air mata. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala penglihatan kering, memerah, meradang, hingga merasa tidak nyaman terhadap cahaya.

6. Keratitis

Berikutnya adalah keratitis, yaitu terjadinya peradangan pada kornea atau jaringan bening. Kondisi ini bisa terjadi akibat infeksi, cedera, penyakit, atau penggunaan lensa kontak terlalu lama hingga penglihatan kabur dan nyeri.

7. Terjadinya Cedera Mata

Kemungkinan faktor penyebab terakhir adalah terjadinya cedera, misalnya karena abrasi kornea. Abrasi kornea merupakan suatu kondisi tergoresnya lapisan kornea yang menutupi iris dan pupil hingga terasa mengganjal, berair, hingga kemerahan.

Cedera ini bisa terjadi karena masuknya kontaminan asing ke dalam lapisan organ penglihatan. Misalnya karena kontak zat kimia tertentu, paparan sinar UV yang berlebih, hingga gerakan mengusap atau mengucek berlebihan.

Alternatif Cara Mengobati Sakit Mata Sebelah Kiri

Beberapa gejala sakit organ penglihatan bisa sembuh sendiri secara alami, namun beberapa memerlukan penanganan dokter. Berikut ini adalah beberapa alternatif cara mengobati gejalanya sesuai penyebab:

1. Gunakan Antibiotik

Untuk rasa sakit atau gejala lain akibat infeksi bakteri maupun mikroorganisme lain, bisa diatasi dengan menggunakan obat antibiotik. Ada antibiotik yang bisa diminum, ada juga yang berupa obat salep oles.

2. Gunakan Obat Tetes

Selain obat salep yang dioleskan langsung, alternatif obat luar lainnya untuk sakit mata sebelah kiri adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Obat ini bisa berfungsi untuk melumasi mata yang kering ataupun mengatasi infeksi akibat bakteri.

3. Memberi Kompresan

Untuk gejala organ penglihatan memerah dan gatal akibat iritasi atau alergi, cobalah menggunakan kompres air dingin atau es batu. Sedangkan untuk mata bengkak akibat bintitan, cobalah menggunakan kompresan air hangat.

4. Gunakan Pelindung

Untuk melindungi dari pemicu alergi atau iritasi seperti debu maupun kotoran, cobalah menggunakan alat pelindung berupa kacamata. Anda juga dapat menggunakan kacamata hitam untuk melindungi radiasi sinar UV dari matahari.

5. Istirahat dan Relaksasi

Cara terakhir, jangan lupa untuk mengistirahatkan mata secara teratur setelah membaca atau melihat gadget dalam waktu lama. Anda juga bisa melakukan gerakan relaksasi dengan berkedip dan melihat sekeliling secara memutar.

Sebagai alternatif lainnya, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin A dan Omega-3 yang baik untuk organ penglihatan. Tetapi jika sakit mata sebelah kiri Anda berlanjut, cobalah untuk berkonsultasi bersama dokter.