Perbedaan Kelenturan dan Kelentukan, Catat Ya!

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal tentunya impian semua orang. Dalam unsur kebugaran jasmani, terdapat kelenturan dan kelentukan. Banyak orang yang salah mengartikan kedua kata tersebut. Ketahui perbedaan kelenturan dan kelentukan di artikel ini.

Seseorang yang memiliki tubuh sehat pastinya sering menjaga tubuhnya sebaik mungkin, terutama dalam kelenturan persendian. Umumnya mereka melakukan berbagai jenis olahraga agar tetap terjaga daya tahan tubuh, fleksibilitas tubuh, dan daya tahan otot.

Perbedaan Kelenturan dan Kelentukan yang Sangat Mendasar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebugaran jasmani memiliki banyak unsurnya, salah satunya kelenturan dan kelentukan.

Kebugaran jasmani memiliki arti kebutuhan mendasar tubuh yang harus kita penuhi guna melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Tanpa adanya kebugaran jasmani tubuh akan terasa sulit untuk melakukan apapun.

Tujuan kebugaran jasmani sendiri adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang nantinya akan berpengaruh pada sistem metabolisme. Selain itu, peredaran darah pada tubuh anda juga akan menjadi lebih lancar.

Kelenturan dan kelentukan tentunya memiliki perbedaannya masing-masing. Meskipun kedua kata tersebut hampir sama, banyak orang salah mengartikan kelenturan dan kelentukan.perbedaan tersebut dapat dilihat dari definisi masing-masing.

Nah, jika anda tertarik mengetahui apa saja perbedaan kelenturan dan kelentukan yang jarang orang ketahui, anda dapat menyimak artikel berikut ini. Yuk, cari tahu perbedaan kelenturan dan kelentukan sekarang juga!

1. Berbeda Dalam Segi Pengertian

Saat ini anda harus benar-benar mengenal apa perbedaan kelenturan dan kelentukan, pasalnya bagi sebagian orang kedua kata tersebut memiliki arti yang sama. Meskipun kedua kata tersebut memiliki ejaan yang hampir sama, namun artinya sangat berbeda,lho.

Perbedaan kelenturan dan kelentukan yang paling mendasar terletak pada definisi dari kedua kata tersebut.

Anda pasti pernah melihat seseorang mudah untuk menggerakan tubuhnya, seperti mudah melakukan senam lantai sederhana hingga berbaring kayang. Nah, hal tersebut berkaitan dengan kelenturan tubuh seseorang. Namun, tahukah anda definisi kelenturan?

Ya, Kelenturan adalah suatu kemampuan yang dimiliki dalam tubuh berupa pergerakan sendi yang maksimal. Dalam istilah kelenturan, terdapat juga daya lentur. Daya lentur sendiri memiliki arti tingkat kelenturan seseorang yang dapat dilihat dari segala aktifitas.

Kelentukan sendiri memiliki sangkut paut yang cukup erat dengan kata kelenturan, kelentukan adalah suatu kondisi bagian tubuh untuk melakukan gerakan persendian semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya. 

Umumnya bagian sendi maupun otot memiliki tingkat kebugaran yang dapat dilihat dari segi kelentukan. Maka dari itu, dapat disimpulkan kelentukan tubuh dipengaruhi dari proses latihan secara baik dan teratur.

2. Memiliki Contoh Pelatihan 

Pada dasarnya pelatihan kelentukan dan pelatihan kelenturan memiliki contoh yang sama diantara masing-masing. Contoh kelentukan yang biasa lakukan yakni seperti kayang, senam lantai sederhana, dan barbering kayang.

Gerakan tersebut tentunya bertujuan untuk melatih kelentukan punggung, otot perut, hingga pinggang. Jenis olahraga lainnya seperti renang, yoga, dan gerak aktif mengulurkan tubuh juga menjadi salah satu contoh latihan kelentukan.

Banyak orang bertanya kapan latihan kelentukan dilakukan? Sebaiknya latihan kelentukan dilakukan secara teratur dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat.

Sementara contoh latihan kelenturan sangat lah mudah, sehingga anda dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja, seperti mencium lantai dalam posisi duduk dengan kaki diselonjorkan, mencium lutut pada posisi duduk.

Mencium lutut pada posisi berdiri juga menjadi contoh latihan kelenturan. Latihan tersebut bertujuan untuk melatih daya tahan otot punggu dan perut.

3. Kelentukan Memiliki Macam-Macam yang Berbeda

Kelentukan memiliki berbagai macam yang berbeda-beda. Berikut merupakan macam-macam kelentukan:

Kelentukan Khusus

Kelentukan ini sangat dibutuhkan dalam cabnag olahraga manapun, kelentukan khusus biasanya terdapat pada bagian pergelangan tangan dan bahu. Contoh olahraga yang menerapkan kelentukan ini adalah olahraga voli.

Kelentukan Umum

Kelentukan ini biasanya terdapat dalam semua persendian, dalam kelentukan ini semua persendian akan digerakkan ke semua arah secara optimal.

Kelentukan Pasif

Macam kelentukan yang satu ini umumnya dilakukan dengan bantuan dari orang lain, contohnya saat kita melakukan peregangan secara berulang kali.

Kelentukan Aktif 

Selanjutnya, kelentukan yang satu ini umumnya bisa dilakukan oleh diri sendiri, contohnya senam kalistenik dan saat pemanasan.

Kelentukan Statis

Kelentukan statis merupakan kelentukan yang tidak menerapkan pengulangan gerakan baik dalam waktu maupun hitungan tertentu.

Kelentukan Dinamis 

Kelentukan ini merupakan kebalikan dari kelentukan statis. Jika kelentukan statis tidak ada pengulangan gerakan maka kelentukan ini justru menerapkan pengulangan gerakan.

4. Manfaat yang Dirasakan

Manfaat Yang bisa dirasakan dari tubuh yang lentur, memiliki kelentukan sendi juga bisa membuat anda bebas beraktivitas. Berikut merupakan manfaat lainnya yang bisa anda rasakan.

Memperbaiki Bentuk Tubuh Semaksimal Mungkin

Dengan sering melakukan latihan kelenturan secara rutin, anda bisa merasakan bentuk tubuh anda semakin bagus. Terdapat beberapa tubuh yang berpengaruh, seperti persendian, kaki, tulang punggung, dan panjang bahu anda.

Postur tubuh yang menjadi impian banyak orang pun akan segera anda dapatkan dengan melakukan latihan ini.

Mencegah Terjadinya Cedera

Cedera merupakan salah satu hal yang bisa terjadi oleh semua orang. Meskipun tidak berbahaya, namun sering terjadi cedera membuat semua orang merasa terganggu beraktivitas. 

Nah, jika anda melakukan latihan kelenturan secara teratur, potensi anda mengalami cedera sangat lah tipis.

Tubuh Menjadi Lebih Bugar

Dengan anda melakukan latihan kebugaran, pastinya tubuh anda akan menjadi lebih bugar. Hal tersebut terjadi karena latihan ini akan membuat kontraksi otot dan proses relaksasi semakin lebih mudah.

Mengurangi Rasa Sakit Saat Berolahraga

Manfaat lainnya juga tubuh anda akan berkurang rasa sakitnya saat melakukan olahraga.

Baca Juga: Salah Satu Bentuk Latihan Kelenturan

Penutup 

Nah, itu dia perbedaan kelenturan dan kelentukan yang jarang orang lain ketahui. Mudah untuk membedakannya, bukan?

Dalam penjelasan di atas dapat disimpulkan kelentukan dan kelenturan merupakan unsur yang terdapat dalam kebugaran jasmani. Kelenturan memiliki arti kemampuan yang dimiliki oleh tubuh berupa pergerakan persendian secara maksimal.

Sedangkan kelentukan memiliki arti kondisi tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan sangat berkaitan erat dengan kelenturan sendi seseorang.

Dengan melakukan latihan ini anda dapat memperoleh banyak manfaat, seperti postur tubuh membaik, meningkatkan kebugaran tubuh, hingga mencegah terjadinya cedera. 

Maka dari itu, banyak para atlet memiliki postur tubuh yang bagus hingga memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Tentunya pada atleb baik di Indonesia maupun luar negeri sering melakukan latihan kelenturan tubuh. Sehingga setiap kali pertandingan, mereka dapat lebih leluasa bergerak

Jadi, mulai saat ini alangkah baiknya anda menerapkan pola hidup yang sehat, salah satunya dengan melakukan latihan kelenturan tubuh secara rutin dengan waktu yang tidak berlebihan dan tidak kekurangan.