Perbedaan Kecepatan dan Kelincahan dalam Latihan Kebugaran Jasmani

Dalam melakukan olahraga kebugaran jasmani, melatih kecepatan dan kelincahan adalah hal dasar yang bisa dilakukan. Kedua unsur tersebut sangat penting untuk bisa mendapatkan sebuah prestasi dalam dunia keolahragaan.

Apabila seseorang sudah memiliki kemampuan dasar terkait kecepatan dan kelincahan, maka untuk melakukan olahraga yang lebih rumit lagi tidak akan mengalami kesusahan. Lalu, sebenarnya, apa perbedaan kecepatan dan kelincahan?

Pengertian Kecepatan

Kecepatan merupakan kemampuan dalam menggerakkan anggota tubuh dari satu posisi ke posisi lainnya dalam waktu yang paling singkat. Kecepatan seseorang bisa dihitung dengan mengukur waktu yang dibutuhkan seseorang dari gerakan awal sampai gerakan terakhir.

Nah, dalam kurun waktu tersebut nilai dari kecepatan bisa ditentukan dan bisa dilihat. Apabila seseorang memerlukan waktu yang sedikit, maka semakin cepat gerakan seseorang itu.

Cara Meningkatkan Kecepatan dalam Berolahraga

Anda bisa melakukan latihan meningkatkan kecepatan dengan cara-cara berikut ini.

  1. Lari sprint berulang yang dilakukan sebanyak lima kali dalam jarak 10 meter
  2. Lari sprint berulang yang dilakukan sebanyak tiga kali dalam jarak 20 meter
  3. Lari sprint berulang yang dilakukan sebanyak dua kali dalam jarak 25 meter

Anda bisa melakukan latihan dengan cara di atas yang diulang dalam tiga kali seminggu dan bisa menambah kecepatan sprint secara bertahap. Jadi, pelan-pelan saja. Tidak perlu terburu-buru.

Pengertian Kelincahan

Setelah membahas tentang kecepatan, selanjutnya adalah tentang kelincahan. Kelincahan atau yang biasa disebut dengan agility merupakan kemampuan seseorang untuk bisa melakukan gerakan dengan cepat serta dapat melakukan perubahan posisi tubuh secara berulang-ulang.

Bila dilihat dari pengertiannya, antara kecepatan dan kelincahan memang sekilas mirip. Keduanya sama-sama melakukan sebuah gerakan yang cepat.

Namun, bila dilihat dari perbedaannya, kecepatan menitikberatkan pada waktu minimal yang diperlukan dalam melakukan gerakan. Berbeda dengan kelincahan yang juga menuntut adanya kecepatan perubahan posisi yang berbeda-beda. Itulah perbedaan kecepatan dan kelincahan.

Cara Melatih Kelincahan dalam Berolahraga

Anda bisa melakukan latihan meningkatkan kelincahan dengan cara-cara berikut ini.

  1. Lari suttle run yaitu lari bolak-balik. Anda bisa melakukan latihan ini dalam jarak 4-5 meter dalam kecepatan tertentu dan bolak-balik
  2. Lari zig-zag yaitu lari belak-belok. Anda bisa berlatih dengan cara ini dalam jarak 1-2 meter
  3. Lari segala arah, maksudnya melakukan lari sesuai dengan arahan dari pelatih.

Manfaat Latihan Kecepatan

Ada banyak sekali manfaat dari berlatih kecepatan, di antaranya sebagai berikut.

  1. Dapat membuata anda lebih mudah dalam menguasai berbagai teknik yang lebih tinggi
  2. Memiliki dampak yang baik bagi kesehatan lutut
  3. Mengurangi risiko dalam penyakit jantung koroner
  4. Bisa mengontrol berat badan
  5. Mampu meningkatkan kesehatan pada sistem pernapasan
  6. Bisa memperbaiki mood atau suasana hati
  7. Mampu memperkuat oto dan tulang pada kaki
  8. Dapat melakukan kegiatan sehari-hari secara lebih maksimal
  9. Bisa meningkatkan daya tahan tubuh
  10. Mampu membentuk postur tubuh menjadi lebih baik

Baca Juga : Beberapa Bentuk Latihan Kecepatan

Manfaat Latihan Kelincahan

Anda bisa mendapatkan beragam manfaat dari berlatih kelincahan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari berlatih kelincahan.

  1. Mampu memudahkan dalam menguasai berbagai teknik tingkat tinggi
  2. Dapat mengkoordinasikan gerakan-gerakan ganda
  3. Dapat meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh
  4. Membantu dalam memudahkan orientasi terhadap lingkungan maupun lawan
  5. Bisa membentuk otot tubuh dengan bagus
  6. Dapat mencegah osteoporosis
  7. Mampu mengurangi lemak di dalam tubuh
  8. Memperbaiki dan membantu meningkatkan sistem pernapasan dengan baik
  9. Bisa membentuk postur tubuh yang ideal

Nah, itulah pengaruh latihan kebugaran jasmani bagi tubuh. Terutama pengaruh dari olahraga yang menggunakan kelincahan.

Baca Ini: 3 Bentuk Latihan Kelincahan

Olahraga yang Memerlukan Kelincahan

Berikut ini ada beberapa olahraga yang membutuhkan kelincahan dalam melakukannya. Anda bisa mengasah kelincahan anda dengan berbagai latihan dasar supaya lebih mudah dalam melakukan berbagai cabang olahraga.

  • Cabang olahraga bulutangkis
  • Cabang olahraga voli
  • Cabang olahaga sepak bola
  • Cabang olahraga atletik

Itulah beberapa cabang olahraga yang membutuhkan teknik kelincahan. Tanpa disadari, ternyata anda sudah berlatih kelincahan bersama dengan cabor di atas.

Olahraga yang Memerlukan Kecepatan

Untuk cabang olahraga yang memerlukan kecepatan ada banyak sekali. Kecepatan sangat dominan dalam dunia olahraga. Berikut ini ada beberapa contoh cabang olahraga yang membutuhkan kecepatan.

  • Cabang olahraga voli
  • Cabang olahraga basket
  • Cabang olahraga renang
  • Cabang olahraga bulu tangkis
  • Cabang olahraga lari
  • Cabang olahraga sepak bola
  • Cabang olahraga baseball

Itulah contoh-contoh olahraga yang berkaitan dengan kecepatan. Adanya kecepatan sangat berpengaruh dalam cabor-cabor di atas. Maka dari itu, bila anda akan melakukan turnamen untuk cabor di atas, anda bisa melatih kemampuan kecepatan anda.

Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa anda coba untuk meningkatkan kebugaran tubuh anda. Tentunya dengan memperhatikan pula perbedaan kecepatan dan kelincahan.Salah satu hal yang umum dilakukan adalah dengan berolahraga. Melakukan olahraga secara rutin memang bisa membuat tubuh menjadi bugar dan lebih sehat.

Hal itu sudah bukan rahasia lagi bahwa di balik kegiatan olahraga, ada segudang manfaat yang bisa anda peroleh. Jadi, tidak ada salahnya untuk rutin berolahraga. Selain itu, anda bisa mengikuti tips-tips berikut untuk mengoptimalkan dalam meningkatkan kebugaran tubuh anda.

1. Melakukan olahraga secara rutin

Bila anda masih pemula, tidak perlu melakukan olahraga terlalu banyak. Cukup dilakukan secara rutin saja. Dengan begitu anda akan mulai terbiasa untuk berolahraga setiap hari.

2. Menjaga berat badan tetap stabil dan idea.

Umumnya, hampir semua orang menginginkan tubuh yang ideal. Namun, tidak diiringi dengan usaha. Anda perlu menjaga berat badan anda tetap stabil karena bila anda mengalami obesitas maka penyakit cenderung lebih mudah menyerang.

3. Minum air putih yang cukup

Kebutuhan air putih dalam tubuh sudah tidak bisa digantikan dengan cairan jenis apapun. Hal ini adalah hal dasar yang perlu diperhatikan bila ingin menjaga kebugaran jasmani anda. Selain itu, kurangi minum minuman berkarbonasi atau yang mengandung terlalu banyak gula.

4. Mengonsumsi sayur dan buah-buahan

Dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan maka anda akan memperoleh berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. asupan serta dalam tubuh juga terpenuhi.

5. Mengelola stress

Tentunya, salah satu menjaga kebugaran jasmani adalah dengan mengelola stres. Memang tidak mudah karena ada banyak sekali hal-hal yang seringkali membuat seseorang kesal. Namun, dengan menjaga diri untuk mengurangi tingkat stres ternyata efektif dalam membuat tubuh sehat.

6. Beristirahat (tidur) dengan cukup

Memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat adalah jalan yang benar untuk mendapatkan tubuh yang bugar kembali. Seringkali seseorang merasa sangat lelah setelah berkegiatan sehari penuh. Namun, dengan beristirahat dengan cukup maka esoknya bisa segar kembali.

7. Menghindari alkohol dan rokok

Bila anda mampu mengindari alkohol dan rokok, anda berarti berupaya dengan sungguh-sungguh dalam menjaga tubuh anda. Memiliki tubuh yang sehat bebas dari rokok dan alkohol adalah hal yang tidak bisa dilakukan semua orang. Namun, bila anda mampu melakukannya, anda sudah hebat.

Nah, tips-tips di atas bisa mulai anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan disiplin dalam segala hal, anda bisa mencapai banyak hal yang anda inginkan pula. Terutama hidup sehat. Jangan lupa juga untuk mengingat perbedaan kecepatan dan kelincahan.

Ini dilakukan supaya anda tidak salah kaprah dalam mempelajari keduanya. Selain itu, mengerti tentang teori juga tidak salah sekaligus mengimbanginya dengan berolahraga.