4 Olahraga yang Paling Efektif untuk Menghindari Sakit Asma adalah

Variasi olahraga yang paling efektif untuk menghindari sakit asma adalah yang tidak terlalu melelahkan. Penderitanya juga ingin berolah fisik supaya tubuh tetap bugar dan menjaga kekuatannya.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut maka jangan lekas bersedih. Olahraga tetap menjadi salah satu cara ampuh untuk memperpanjang usia. Namun tetaplah fokus pada kekuatan pernapasan supaya asmanya tidak kambuh.

Ada berbagai macam penyebab asma pada seseorang namun sifatnya tidak pasti. Faktor keturunan menjadi alasan utama namun kondisi lingkungan sekitar juga memengaruhi. Misalnya, asap rokok, ulu hewan, infeksi virus, debu.

Semuanya memicu penyumbatan pada saluran pernapasan sehingga Anda sulit bernapas lega. Otot-otot pernapasan menjadi kaku lalu salurannya menyempit. Oksigen sulit keluar masuk secara bebas bahkan produksi dahak ikut meningkat.

Ada Jenis Olahraga yang Sifatnya Berbahaya

Sejauh ini olahraga yang paling efektif untuk menghindari sakit asma adalah yang tidak memicu kambuhnya penderita. Hal ini dikarenakan ada beberapa aktivitas fisik yang sifatnya berbahaya.

Gerakan terlalu cepat sampai membuat badan lelah harus dihindari. Napas Anda terasa menyesakkan dan terengah-engah. Otot saluran pernapasan lebih menyempit sehingga terjadi kejang pada penderita.

Olahraga berbahaya bagi pengidap asma adalah lari. Jika gerakan terlalu cepat seperti maraton atau sprint maka Anda cepat kehabisan napas. Jantung memompa darah lebih cepat dan tubuh membutuhkan banyak oksigen.

Selanjutnya, jangan ikuti senam aerobik karena gerakannya juga cepat. Sama halnya dengan HIIT kardio seperti kombinasi jumping jack, burpee, lari di tempat, dsb. Zumba juga termasuk dalam kategori serupa.

Olahraga outdoor seperti hiking dan naik gunung sangat berbahaya. Jalan menanjak, berliku serta naik turun bisa mempercepat laju napas. Tekanan udara dingin menjadi pemicu asma karena pasokan oksigen semakin tipis.

Aneka permainan seperti sepak bola, kasti, tenis, basket memiliki risiko serupa. Apalagi jika Anda melakukannya secara langsung tanpa pemanasan. Otot pernapasan kaget lalu tegang sehingga sulit memproses keluar masuknya udara.

Sebaiknya Anda memilih alternatif paling aman. Olahraga yang paling efektif untuk menghindari sakit asma adalah gerakan berintensitas rendah. Perhatikan jug tempatnya karena ruangan pengap dan panas juga bisa memicu asma.

Jenis Olahraga yang Paling Efektif untuk Menghindari Sakit Asma Adalah

Olahraga paling efektif untuk menghindari sakit asma adalah gerakan ringan. Jika dilarang melakukan aktivitas cepat dan berat, Anda boleh memilih variasi lain. Beberapa contoh yang bisa dicoba yaitu:

1. Yoga

Alasan kenapa yoga menjadi pilihan tepat olahraga yang paling efektif untuk menghindari sakit asma adalah karena gerakannya lembut dan pelan. Meskipun begitu Anda akan terus berkeringat jika melakukannya secara serius. Apalagi dipandu oleh instruktur profesional.

Manfaat yoga untuk memperlancar aliran darah, elastisitas otot, menghilangkan otot kaku dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Anda dapat menenangkan pikiran dan jiwa sambil bermeditasi.

2. Jalan Kaki dan Bersepeda

Jika penderita asma ingin berolahraga kardio maka cobalah jalan kaki. Mulailah mengatur level sendiri dimulai dari jalan perlahan kemudian agak cepat. Bersepeda ringan di sekitar rumah juga bisa dijadikan opsi.

3. Berenang

Berenang adalah aktivitas paling menyenangkan karena kita bisa bermain air. Walaupun demikian gerakan tersebut juga termasuk kardio namun tidak membuat otot pernapasan bekerja terlalu keras.

Selain aman, berenang memiliki manfaat besar. Tubuh terasa lebih rileks karena otot-otot yang kaku akan meregang. Jika rutin melakukannya maka Anda dapat memperkuat paru-paru dan melatih sistem pernapasan.

4. Datang ke Gym

Gym biasanya berkaitan dengan olahraga weightlifting atau angkat beban. Anda boleh mencobanya sebagai alternatif sekaligus melatih sistem bernapas. Angkat beban berbeda dengan kardio karena gerakannya tidak cepat.

Walaupun demikian, cobalah untuk tidak menggunakan beban berlebihan. Mulai dari level ringan sambil memperbaiki gerakan supaya tidak mengalami cidera otot. Mintalah bantuan personal trainer jika diperlukan.

Jangan lupa pemanasan kemudian diakhiri dengan pendinginan setelah berolahraga. Olahraga yang paling efektif untuk menghindari sakit asma adalah gerakan-gerakan ringan supaya Anda tidak mudah lelah. Dan jangan lupa juga untuk menjaga keamanan diri sendiri pada saat berolahraga, olahraga lah secara bertahap dari yang ringan ke yang agak berat, supaya tubuh bisa menyesuaikan. Olahraga yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh.