Ini 3 Latihan Fisik Untuk Olahraga Mata Juling yang Efektif

Ada cara olahraga mata juling yang memungkikan kondisi mata Anda wajar kembali.Latihan fisik ini tentu sangat bergantung pada seberapa parah kondisi mata juling yang dialami. 

Mata juling atau strabismus yang merupakan ketidakwajaran kondisi arah mata kiri dan kanan ini bisa diobati atau terapi. Jika seseorang mengalami mata juling, maka fokus objeknya juga berbeda. 

Hal inilah yang perlu diperhatikan untuk melakukan terapi selain mengatasinya dengan cara medis. 

Olahraga Mata Juling

Penyebab mata juling biasanya karena kelainan fisik, seperti stroke, cerebral palsy, atau cidera mata. Bahkan Anda juga bisa mengalami kondisi ini karena kelainan lain, seperti mata malas dan rabun dekat. 

Jika kondisi kelainan ini tidak segera diatasi, maka ada kemungkinan akan mengalami kehilangan penglihatan karena kondisi mata yang melemah. Ada beberapa terapi penglihatan yang bisa digunakan untuk mengatasi mata juling.

Yakni dengan cara menggabungkan beberapa gerakan fisik khusus olahraga mata juling. Cara ini dipercaya bisa meningkatkan koordinasi antara anatomi mata yang hilang karena strabismus. Namun latihan fisik atau olahraga ini tidak bisa jadi pengganti penanganan medis.

Hal ini karena ada banyak strabismus dan membutuhkan penanganan yang spesifik dan berbeda-beda. Berikut ini beberapa latihan fisik atau olahraga yang dinilai efektif untuk mengatasi mata juling: 

1. Push Up Pensil

Latihan fisik ini adalah gerakan okuler yang memaksa dua mata melihat satu titik yang fokusnya sama. Cara melakukannya adalah menahan pensil di depan mata sejauh rentangan tangan. Lalu fokuskan penglihatan di satu titik pensil. 

Misalnya di bagian penghapusnya atau tulisan huruf dan angka di badan pensil tersebut. Kemudian gerakan secara perlahan pensil mendekati hidung. 

Dalam hal ini tetap upayakan fokus di titik yang tersebut selama yang Anda bisa. Hentikan saat penglihatan Anda mulai mengabur.  

2. Brock String

Gerakan Brock String adalah olahraga mata juling yang ditemukan oleh Frederick Brock, optometrist asal Swis. Cara melakukannya memerlukan benar atau tali sepanjang 1,6 meter yang sudah diberi manik-manik beda warna. 

Lalu ikat salah satu ujung tali pada objek tertentu dan ujung lainnya dipegang dan ditahan di bawah hidung. Mulailah fokus melihat manik-manik beda warna tersebut secara bergantian. 

Jika mata sudah bisa fokus dengan baik, maka manik- manik akan terlihat seperti persimpangan. 

Dalam posisi ini, Anda akan melihat seperti dua benang yang membentuk huruf X berupa persimpangan yang dibentuk dari manik-manik yang fokus Anda lihat. Sedangkan manik-manik yang letaknya paling jauh akan berbentuk seperti huruf V. 

3. Barrel Card

Cara melakukan latihan fisik Barrel Card adalah menggambar tiga tong atau lingkaran warna merah yang ukurannya semakin besar pada salah satu sisi kartu. Selain itu, gambar juga lingkaran yang sama ukurannya di sisi yang lain. 

Lalu, tempatkan kartu tersebut di depan hidung, yakni di antara kedua mata dengan posisi vertikal. Jadi bentuknya memanjang ke depan dengan lingkaran terbesar ada di paling jauh dari mata. 

Kemudian arahkan penglihatan di lingkaran yang paling besar, sampai kamu bisa melihatnya dengan dua warna. Sedangkan gambar lingkaran lainnya akan terlihat ganda. 

Tahan fokus ini sampai lima detik. Setelah itu ulangi pada gambar lingkaran yang ada di tengah dan paling kecil. Itulah olahraga mata juling yang bisa dilakukan selain penanganan medias. Agar hasilnya maksimal Anda tentu perlu melakukannya secara rutin. Sekaligus juga dibarengi dengan cara medis. Seperti penggunaan kacamata lensa kotak atau prisma dan operasi otot mata.