Obat herbal penyakit paru-paru memiliki banyak sekali manfaat. Obat herbal ini bisa menjadi tindakan penyembuhan alternatif, mengatasi gejala-gejala gangguan kesehatan pada paru-paru hingga menopang obat medis yang sedang dikonsumsi.

Mengonsumsi obat herbal sendiri juga tidak sedikit khasiatnya. Obat-obatan alamiah tentunya mempunyai efek samping lebih ringan, bisa dikonsumsi jangka panjang, satu obat banyak khasiat, mudah didapatkan dan tentunya lebih ekonomis.

Deretan Obat Herbal untuk Penyakit Paru-Paru

Adanya penyakit pada paru-paru dapat menimbulkan berbagai gangguan bagi penderitanya, seperti batuk terus-menerus, batuk berdarah, mudah lelah, kehilangan nafsu makan, dan menjadi penyebab penyakit asma.

Banyak orang sudah membuktikan bahwa mengkonsumsi obat herbal penyakit paru-paru dapat mengatasi gangguan paru-paru. Simak deretan obat herbal yang baik dikonsumsi oleh penderita gangguan kesehatan paru berikut ini:

1. Jahe

Sejak jaman dahulu, jahe sudah terkenal sebagai tanaman seribu khasiat. Hingga saat ini, jahe masih banyak dikonsumsi sebagai minuman seduh yang nikmat. Jahe rebus bermanfaat untuk meredakan batuk, sakit tenggorokan, flu, masuk angin, tubuh menggigil, dan lain sebagainya.

Rupanya, jahe juga berkhasiat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan pada paru-paru seperti nafas sesak, radang paru-paru dan nyeri dada. Jahe sebagai obat herbal dapat dikonsumsi dengan dikunyah secara langsung atau diseduh menggunakan air hangat.

2. Madu

Obat herbal penyakit paru-paru dengan rasa manis ini juga tidak kalah ampuh. Madu mengandung dekstrometorfan yang dapat meredakan radang paru-paru, tenggorokan, dan batuk jangka panjang.

Konsumsi madu dapat dibarengi dengan air perasan lemon atau air hangat. Minum madu secara rutin sebelum tidur atau saat perut kosong untuk menjaga tenggorokan hingga paru-paru tetap bersih dari lendir-lendir tubuh.

Penting: Berikut Merupakan Ciri – Ciri Penyakit Flek Paru – Paru

3. Kafein

Sudahkah Anda tahu bahwa kafein juga bisa menjadi obat penyakit paru-paru?

Belakangan, minuman dengan kandungan kafein seperti kopi dan the hijau sedang tren di kalangan masyarakat Indonesia. Kafein memiliki memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menjaga stamina, menenangkan pikiran, dan menjaga kesehatan paru-paru.

Namun konsumsi kafein juga perlu dibatasi setiap harinya. Terlalu banyak asupan kafein dapat merusak keseimbangan tubuh dan membahayakan ginjal. Idealnya, setiap orang hanya boleh mengonsumsi kafein 200 miligram setiap harinya.

4.  Air Garam

Berbeda dengan deretan obat herbal sebelumnya, obat herbal penyakit paru-paru satu ini tidak ditelan, melainkan digunakan untuk berkumur. Larutan air garam berkhasiat meredakan gangguan pada tenggorokan, paru-paru, hingga pencernaan.

Larutkan satu sendok teh garam pada segelas air hangat. Selanjutnya, gunakan untuk berkumur. Lakukan dengan hati-hati agar air garam tidak sampai tertelan.

5. Kunyit

Tanaman herbal satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang suka mengonsumsi jamu tradisional. Sejak dulu kunyit terkenal sebagai tanaman obat penambah nafsu makan dan mendukung pertumbuhan anak-anak.

Selain memiliki manfaat untuk melancarkan metabolisme tubuh, kunyit juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Kunyit memiliki kandungan Curcumin yang bermanfaat baik bagi saluran pernapasan.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat baik dikonsumsi oleh pengidap asma, penging, dan penderita masalah pernapasan dan paru-paru. Minyak zaitun mengandung antioksidan dan vitamin E yang bermanfaat meningkatkan fungsi paru dan saluran pernapasan.

Di berbagai negara, minyak zaitun sangat terkenal dengan berbagai manfaatnya. Tidak mengherankan jika minyak ini sering digunakan untuk makanan dan minuman.

Demikian 6 obat herbal penyakit paru-paru yang sudah terbukti khasiatnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa senantiasa menjaga kesehatan paru-paru.