5 Obat Herbal Jantung Koroner yang Gampang Didapat

Obat herbal jantung koroner saat ini mudah ditemukan. Bahkan, banyak di antaranya tersedia melimpah di alam. Seperti yang diketahui bahwa, obat herbal sudah lama digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Salah satunya adalah penyakit jantung koroner yang mulai menyerang banyak orang. Menariknya, obat herbal juga ampuh digunakan pada tindakan pencegahan.

Jantung koroner sendiri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada bagian arteri koroner. Kerusakan ini bisa berupa penyumbatan atau penyempitan bagian tersebut.

Biasanya, disebabkan karena aterosklerosis atau munculnya plak pada arteri jantung koroner. Plak ini berupa kolesterol, kalsium, dan senyawa lainnya. Kondisi tersebut dipicu oleh berbagai faktor.

Misalnya saja rokok, alkohol, hingga, gaya hidup. Untuk mengobatinya ada berbagai cara, salah satunya menggunakan obat herbal. Untuk mengetahui apa saja obat herbal yang bisa digunakan, simak di bawah ini.

5 Jenis Obat Herbal Jantung Koroner

Obat herbal merupakan merupakan pengobatan yang menggunakan pengetahuan tradisional. Biasanya bahan utama yang digunakan pada pengobatan ini berasal dari ramuan dari tumbuhan, hewan, mineral, atau campurannya.

Jenis pengobatan ini digunakan saat ilmu kedokteran belum semaju saat ini. Meski demikian, obat tradisional masih digunakan hingga sekarang. Bahkan, penelitiannya semakin berkembang.

Banyak sekali penyakit yang bisa ditangani menggunakan pengobatan tradisional. Mulai dari penyakit kronis hingga penyakit akut. Untuk mengobati jantung koroner sendiri ada beberapa obat herbal yan dijamin aman dan ampuh. Di antaranya adalah:

1. Bawang Putih

Bawang putih memang dikenal sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, salah satunya adalah jantung koroner. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki antioksidan kuat, yaitu allicin yang memiliki efek positif.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari senyawa tersebut, Anda harus mengonsumsinya saat masih segar. Sebab jika sudah diolah, kadar allicin akan lebih rendah dan kurang efektif dalam menyembuhkan.

2. Teh Hijau

Teh hijau juga dikenal sebagai obat herbal jantung koroner. Sebab, bahan alami ini memiliki kandungan epigalacatechin gallate (EGCG) yang terbukti mampu melindungi kesehatan jantung.

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa dengan rutin mengonsumsi teh hijau, bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Selain diseduh, obat herbal ini juga dapat dinikmati dalam bentuk suplemen.

3. Buah Delima

Buah delima memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini ternyata ampuh mengatasi aterosklerosis yang menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung koroner.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah ini, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Atau agar lebih nikmat, Anda bisa membuatnya sebagai sirup. Tapi, pastikan kandungan gula di dalamnya jangan terlalu banyak.

4. Jahe

Jahe juga dikenal sebagai obat herbal jantung koroner. Hal ini dikarenakan berbagai kandungan bahan alami yang dimiliki jahe dapat menjaga kesehatan jantung dan mengatasi aterosklerosis.

Cara mengonsumsinya sangat mudah, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung dari jahe segar. Atau Anda juga bisa mengubahnya menjadi serbuk jahe, kemudian mengonsumsinya dengan cara diseduh.

5. Ekstrak Manggis

Ekstrak manggis mengandung banyak kandungan antioksidan, khususnya pada bagian kulitnya. Antioksidan ini dapat mengatasi aterosklerosis dan peradangan pada pembuluh darah koroner.

Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi ekstrak manggis secara teratur untuk mengatasi penyakit jantung koroner. Tapi, untuk hasil yang maksimal Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Kelebihan Obat Herbal Jantung Koroner

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini banyak sekali orang yang beralih ke obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakitnya. Hal ini diarenakan berbagai kelebihan yang bisa diperoleh dari obat ini.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari obat herbal dibandingkan jenis pengobatan lainnya:

  • Lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping jika digunakan dalam waktu lama. Hal ini yang membuat penggunanya lebih merasa aman.
  • Lebih murah dibandingkan tindakan medis lainnya. Sebab, obat-obatan herbal cenderung jauh lebih murah harganya di pasaran.
  • Lebih mudah ditemukan karena persediaannya melimpah di alam. Anda bisa menemukannya di pasar, super market, atau bahkan menanamnya sendiri.
  • Bisa digunakan sebagai tindakan pencegahan. Artinya, Anda bisa mengonsumsi obat herbal ini agar bisa terhindar dari penyakit jantung koroner.
  • Dalam dosis yang tepat, obat herbal tidak kalah efektif dari jenis obat kimia. Bahkan jika dibandingkan dengan jenis pengobatan secara medis lainnya.

Penyakit jantung korner memang sangat membahayakan manusia karena dapat menyebabkan kematian. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan Obat herbal jantung koroner secara rutin.