6 Cara Menghilangkan Kemerahan Pada Wajah Akibat Jerawat

Menghilangkan kemerahan pada wajah karena bekas jerawat tidak bisa dilakukan secara langsung. Karena, cara menghilangkan kemerahan pada wajah akibat jerawat sangat membutuhkan proses secara perlahan. Untuk itu, simak caranya berikut ini yah!

Kemerahan pada wajah tidak hanya diakibatkan karena jerawat dan bisul saja. Berbagai cara seperti menggunakan krim wajah sebagai pelindung kulit wajah dari sinar matahari bisa anda lakukan. Namun, penggunaan dari krim tersebut tidak boleh sembarangan.

Harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit anda yang merah karena bekas jerawat. Selain menggunakan krim, ada juga cara menghilangkan kemerahan pada wajah akibat jerawat yang bisa anda lakukan seperti berikut ini!

1. Tanaman Lidah Buaya

Selain digunakan untuk perawatan rambut, lidah buaya bisa anda gunakan untuk wajah. Tanaman ini bisa digunakan sebagai penghilang bekas jerawat pada kulit wajah anda. Perawatan pada kulit sehari-hari juga sangat baik jika menggunakan lidah buaya.

Selain membuat kulit menjadi lembab, lidah buaya bisa membuat kulit anda menjadi lebih sehat. Kulit yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan perawatannya bisa menjadi kenyal dan sehat teksturnya. Kandungan didalamnya juga bisa menghilangkan bekas jerawat loh!

2. Buah Lemon

Pada buah lemon tentunya anda sudah paham jika kandungan vitamin C ada didalamnya. Kandungan vitamin C pada buah lemon sangat baik juga bagi perawatan wajah yang memiliki masalah dengan jerawat.

Selain bisa mencerahkan kulit, kandungan ini bisa menghilangkan kemerahan karena jerawat dan bekas jerawat sekaligus loh! Caranya sangat mudah. Dengan mencampurkan air perasan lemon dengan air secukupnya dan oleskan pada wajah anda.

Diamkan selama 20 menit setelah dioleskan pada wajah lalu, bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Kenali Tipe, Gejala dan Cara Atasi Jerawat Bisul

3. Cuka Apel

Vitamin C tidak hanya didapatkan pada buah lemon saja. Cuka apel juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa berguna bagi wajah anda. Kandungan vitamin C pada cuka apel juga bisa menghilangkan kemerahan karena jerawat dan bekas jerawat juga loh!

Hanya saja caranya dengan mengaplikasikannya menggunakan kapas setelah cuka apel dan air tercampur. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Cuka apel bisa anda dapatkan di pasaran dalam kemasan yang sudah siap digunakan. Gunakanlah satu kali dalam sehari yah!

4. Es Batu

Cara menghilangkan kemerahan pada wajah akibat jerawat selanjutnya bisa menggunakan es batu. Cara ini bisa anda gunakan ketika terburu-buru, karena kemerahan tersebut bisa hilang dalam waktu satu jam. Namun, tidak diaplikasikan secara langsung ke wajah yah!

Untuk menggunakannya yaitu, bungkus es batu dengan handuk dan tempelkan pada jerawat. Tempelkan selama beberapa menit kemudian istirahatkan selama 15 detik. Cara ini bisa anda gunakan untuk mengurangi peradangan dan mengecilkan jerawat sekaligus.

5. Kandungan Salicylic Acid

Jika anda lebih menyukai menggunakan produk-produk yang bisa mencegah kemerahan, carilah produk dengan kandungan salicylic acid. Kandungan ini memiliki sifat anti inflamasi atau anti kemerahan yang bisa mengurangi kemerahan pada wajah akibat jerawat.

6. Kandungan Niacinamide

Selain kandungan salicylic acid, kandungan niacinamide juga dipercaya mampu mengurangi peradangan dan kemerahan akibat jerawat. Sehingga, jika anda menggunakan produk untuk wajah, carilah yang memiliki kandungan niacinamide atau salicylic acid didalamnya.

Niacinamide adalah bentuk dari vitamin B3 yang larut didalam air. Biasanya, kandungan ini bisa anda dapatkan pada produk skincare. Seperti, serum wajah, krim pagi atau malam untuk wajah yang berjerawat.

Itulah keenam cara menghilangkan kemerahan pada wajah akibat jerawat yang bisa anda coba. Apakah anda tertarik menggunakan salah satunya?