Gejala Mata Sayu, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mengalami gejala mata sayu, baik pada salah satu mata kiri, kanan, maupun keduanya? Selain dapat mempengaruhi penampilan secara fisik, kondisi yang lebih parah juga dapat menandakan kelainan serius.

Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, namun lazimnya terjadi pada orang dewasa atau yang sudah beranjak tua. Secara alami, hal tersebut dipicu oleh adanya proses penuaan alami pada kulit.

Namun selain faktor alami, gejala mata terlihat sayu juga bisa terjadi karena berbagai faktor penyebab lainnya. Sebaiknya, kenali dahulu seperti apa gejala serta apa saja penyebabnya sebelum memahami cara mengatasinya.

Mengenal Gejala Mata Sayu dan Penyebabnya

Dalam dunia kesehatan, mata terlihat sayu disebut dengan istilah ptosis. Ptosis yaitu sebuah kondisi penurunan kelopak mata bagian atas menjadi lebih kendur, terjadi ketika otot levator pada kelopak mata melemah.

Gejala utama dari kondisi ptosis yaitu mata bagian atas terasa kendur dan sebagian pupil tertutupi oleh bagian kelopak. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya gejala mata sayu dari sisi kesehatan:

1. Kurang Istirahat

Saat kurang tidur atau kurang istirahat, mata akan tampak sayu atau loyo karena mengantuk. Sebab kurangnya durasi tidur membuat darah jaringan otot mata kekurangan oksigen.

2. Merokok

Asap rokok mengandung zat-zat racun serta radikal bebas yang merusak paru serta bagian lain seperti penglihatan. Asapnya juga bisa menghambat sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

3. Minim Pencahayaan

Pernahkah Anda mencoba menatap objek atau membaca di ruangan gelap minim cahaya? Sebaiknya, hindari kebiasaan tersebut karena membuat mata cepat lelah, kering, hingga terlihat sayu.

4. Dehidrasi

Kurangnya cairan dapat membuat bagian-bagian tubuh termasuk organ penglihatan tampak kurang segar akibat menurunnya produksi air mata. Dehidrasi juga dapat mempengaruhi kondisi kulit atau bibir.

Jadi Ini: Penyebab Mata Minus yang Biasanya Tidak Disadari

5. Menangis

Sering menangis juga bisa menjadi salah satu penyebab gejala ptosis. Sebab saraf organ penglihatan menjadi tegang dan terus menekan otot-otot sekitarnya hingga sembab dan sayu.

6. Defisiensi Zat Besi

Jika terjadi secara terus menerus, bisa jadi ptosis menandakan tubuh Anda kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi bisa membuat pembuluh darah sekitar organ penglihatan melebar.

7. Gangguan Kesehatan dan Cedera

Ptosis bisa disebabkan adanya cedera di area sekitar penglihatan yang memengaruhi otot atau saraf. Ptosis juga bisa menandakan adanya gangguan kesehatan, contohnya alergi, infeksi, angiodema, autoimun, Bell’s palsy, hingga tumor.

8. Usia dan Faktor Genetik

Salah satu penyebab ptosis yaitu bertambahnya usia sehingga kulit wajah, termasuk organ penglihatan mengendur. Penyebab lainnya adalah akibat faktor genetik yang menurun dari orang tua.

Cara Merawat dan Mengatasi Mata Sayu

Jika disebabkan oleh faktor alami seperti pertambahan usia serta faktor genetik, tidak banyak perawatan yang bisa dilakukan. Namun, kondisi tersebut bisa diakali dengan mengenakan riasan khusus di area bagian penglihatan.

Namun, jika disebabkan oleh cedera, penyakit tertentu, atau kondisi tubuh yang kurang prima, Anda bisa berkonsultasi pada dokter. Selain itu, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi mata sayu berikut ini:

1. Kompres

Salah satu solusi instan adalah dengan mengompres bagian penglihatan dengan bahan-bahan tertentu. Contohnya seperti kantong teh, timun, air dingin, atau es batu hingga kembali segar.

2. Menjaga Makanan Sehat dan Tetap Terhidrasi

Cobalah mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk penglihatan seperti wortel atau makanan kaya vitamin A. Selain itu, jagalah tubuh tetap terhidrasi melalui konsumsi air putih.

3. Berkedip dan Relaksasi

Berkedip dapat meningkatkan produksi cairan agar penglihatan tidak kering dan tetap lembab. Sesekali, lakukanlah relaksasi dengan menutup mata sejenak lalu membukanya sambil melirik secara memutar.

4. Gaya Hidup Sehat

Cobalah menjaga gaya hidup tetap sehat dengan menjaga jam tidur cukup antara 6-8 jam sehari. Kurangi juga paparan asap rokok serta hindari pemicu stres berlebih.

5. Obat Tetes Mata

Selain kompres, obat tetes mata adalah solusi instan lainnya. Saat penglihatan terasa kering, cobalah menggunakan obat tetes untuk melembabkannya sesuai dengan takaran dosis yang tepat.

6. Kruk Ptosis

Kruk ptosis adalah suatu alat bantu yang ditambahkan ke bingkai kacamata untuk menahan kelopak tepat pada tempatnya. Alat ini dapat membantu terhalangnya penglihatan tanpa bedah.

7. Operasi

Jika kruk ptosis atau solusi lainnya dirasa tidak membantu, maka operasi adalah solusi akhir. Operasi dilakukan untuk mengencangkan otot-otot di sekitar supaya kelopak kembali naik.

Meskipun umumnya tidak memiliki gejala serius, namun ptosis yang lebih parah dapat memengaruhi penglihatan hingga memerlukan operasi. Oleh karena itu, sebaiknya hindarilah hal-hal yang berpotensi dapat memicu gejala mata sayu.