6 Penyebab Mata Minus yang Biasanya Tidak Disadari

Penyebab mata minus sekarang jarang disadari. Kondisi ini terlihat jelas di masyarakat di mana ada banyak orang yang merasa terkejut ketika mengetahui kalau matanya berada pada kondisi minus. Mata yang minus sendiri memang sangat mengganggu.

Itu karena, seseorang tidak akan bisa melihat secara normal. Nantinya objek yang berada pada jarak jauh akan terlihat secara jelas. Memang mata yang minus ini bisa diatasi dengan beraktivitas memakai kaca mata.

Namun patut diakui kalau penggunaan kaca mata membuat seseorang tidak bebas bergerak. Terlebih lagi, kaca mata sendiri menjadi beban yang bertumpuk di sekitar mata.

Memang sekarang ada juga soft lens yang lebih instan. Namun ketika digunakan dalam waktu lama, soft lens ini bisa menyebabkan mata lebih cepat lelah.

Berikut Beberapa Penyebab Mata Minus

Untuk menghindari mata menjadi minus, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Itu karena, penyebab yang dibiarkan terjadi bisa menimbulkan masalah pada mata menjadi semakin serius. Penyebabnya sendiri sebenarnya sangat banyak.

Oleh karena itu, kehati-hatian perlu dimiliki supaya masalah ini tidak sampai dialami. Supaya lebih jelas, berikut uraian lengkap mengenai beberapa hal yang menyebabkan mata menjadi minus.

1. Membaca

Penyebab mata minus pertama adalah aktivitas membaca. Perlu diketahui, membaca sendiri merupakan aktivitas positif. Namun ketika membaca, pastikan cara yang dilakukan sudah benar. Itu karena, membaca dengan cara salah bisa menimbulkan masalah.

Hal buruk yang banyak dilakukan adalah membaca terlalu dekat. Ketika buku terlalu dekat dengan mata, kelelahan pasti akan terjadi. Nantinya jika dilakukan secara terus menerus, ini bisa mengakibatkan mata menjadi minus.

2. Layar

DI zaman sekarang, layar merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan pada kehidupan manusia. Itu karena, setiap hal sudah menggunakan layar sebagai tampilan utama. Tetapi ingat, pastikan mata Anda tidak terlalu dekat ketika sedang melihat layar.

Itu karena, layar yang terlalu dekat bisa menyebabkan mata menjadi minus. Layar yang dimaksud sendiri sifatnya umum. Ini perlu dilakukan baik ketika melihat layar ponsel, laptop, komputer, maupun TV.

3. Kurang Tidur

Penyebab mata minus berikutnya berhubungan dengan kebiasaan kurang tidur. Kurang tidur sendiri memang menjadi hal yang sangat umum. Itu karena, ada banyak orang di luar sana yang sibuk sehingga sulit untuk mendapat jam tidur yang cukup.

Ketika seseorang kurang tidur, mata akan merasa lelah sehingga kondisi minus bisa saja muncul. Selain itu, kurang tidur juga bisa menimbulkan mata merah hingga kehilangan penglihatan.

Tidur cukup sendiri memiliki patokan yang berbeda antara anak-anak dan orang dewasa. Setiap harinya, anak direkomendasikan untuk tidur 10 hingga 12 jam. Sedangkan untuk orang dewasa, waktu tidur yang direkomendasikan adalah 7 hingga 9 jam.

4. Menggosok Mata

Menggosok mata juga perlu ditambahkan ketika mengulas tentang mata yang minus. Itu karena, menggosok mata ini merupakan salah satu penyebab paling umum. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang menggosok mata.

Salah satunya adalah karena rasa gatal yang muncul tiba-tiba. Perlu diingat, menggosok sendiri tidak hanya menyebabkan mata menjadi minus. Selain mata menjadi minus, aktivitas menggosok mata juga meningkatkan kemungkinan infeksi.

Bahkan ada masalah lain yang mungkin terjadi seperti konjungtivitas alergi. Jangan lupa juga dengan masalah lain seperti keratoconus.

5. Cahaya

Cahaya adalah aspek penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, manusia membutuhkan cahaya yang cukup supaya bisa beraktivitas secara normal. Ketika cahaya di ruangan kurang, mata akan bekerja lebih keras.

Nantinya ini bisa menimbulkan ketegangan dan kelelahan pada mata. Hal tersebut tentu berefek buruk karena masalah mata minus bisa saja terjadi.

6. Genetik

Jika melihat secara keseluruhan, masalah minus pada mata disebabkan oleh kebiasaan buruk. Namun patut diakui kalau kebiasaan buruk tersebut tidak selalu menjadi penyebab utama. Ada juga beberapa kondisi di mana masalah minus disebabkan oleh faktor genetik.

Coba saja lihat ayah, ibu, kakek, atau nenek. Apabila di antara orang-orang tersebut terdapat beberapa yang memiliki minus pada mata, sangat mungkin hal serupa akan Anda alami. Oleh karena itu, upaya pencegahan harus dilakukan secara maksimal.

Agar mata tidak minus, lakukan pola hidup sehat. Rajinlah berolahraga lalu konsumen makanan sehat yang kaya vitamin. Hal ini sangat penting supaya masalah mata minus tidak sampai mengganggu aktivitas.