Cara Mengobati Mata Buram Secara Alami serta Penyebabnya

Cara mengobati mata buram secara alami umumnya lebih banyak dilakukan sebab dianggap lebih praktis dan mudah. Meski tidak seinstan pengobatan dokter, namun pengobatan alami memiliki risiko efek samping lebih kecil.

Cara mengobati secara alami memang lebih mudah sebab tidak memerlukan obat-obatan farmasi produksi pabrik. Akan tetapi hasilnya tidak bisa muncul dengan cepat, diperlukan proses serta waktu lebih untuk melihat hasilnya.

Namun sebelum mengetahui metode mengobati mata buram, sebaiknya kenali dulu apa saja penyebab munculnya gejala tersebut. Dengan demikian, Anda bisa memilih cara mengobati mata buram secara alami yang paling tepat.

Mengenal Gejala Mata Buram dan Penyebabnya

Gejala utama mata buram adalah penglihatan terasa kabur atau ketajamannya menurun sehingga tidak mampu melihat objek secara detail. Meski gejala umumnya tidak serius, namun kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain itu, pandangan yang kabur juga menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan lain yang lebih serius. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya gangguan penglihatan menjadi buram.

1. Infeksi

Jika Anda merasa penglihatan menjadi kabur, bisa jadi hal tersebut terjadi karena adanya infeksi. Infeksi ini bisa disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri, virus, hingga jamur dari tangan saat menyentuh mata.

2. Mata Kering

Faktor penyebab selanjutnya adalah mata kering atau kurang lembab. Jika penyebabnya adalah hal ini, maka kondisinya bisa diatasi dengan cara mengobati mata buram secara alami, misalnya dengan melakukan gerakan berkedip.

Jika setelah berkedip pandangan Anda kembali jelas, tandanya organ penglihatan Anda dalam kondisi kering atau kurang terhidrasi. Hal ini bisa terjadi karena lapisan kornea tidak mengalami cukup pelumasan melalui kedipan.

3. Katarak

Katarak lebih lazim terjadi pada lansia dengan usia di atas 40 tahun. Seorang penderita katarak akan mengalami penurunan ketajaman penglihatan, bahkan banyak di antara penderitanya yang mengarah pada kondisi kebutaan.

Hal tersebut disebabkan oleh noda katarak yang semakin lama semakin meluas hingga menutupi bagian lensa. Sehingga cahaya masuk menjadi terhalang, membuat pandangan jarak dekat maupun jarak jauh menjadi nampak buram.

4. Abrasi Kornea

Abrasi kornea adalah terjadinya goresan pada bagian kornea akibat masuknya benda asing dalam bagian organ penglihatan. Hal ini bisa terjadi karena kotornya lensa kontak, atau kegiatan mengusap mata terlalu keras.

5. Glaukoma

Glaukoma merupakan sebuah kondisi kerusakan pada saraf organ penglihatan akibat tingginya tekanan dalam bola mata. Selain ditandai oleh buramnya penglihatan, gejala lainnya adalah penglihatan sakit disertai mual hingga mengalami muntah.

Baca Juga: 6 Cara Mempertajam Penglihatan

6. Penyakit-Penyakit Tertentu

Buramnya penglihatan juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan kondisi kesehatan tertentu. Di antaranya seperti stres, darah tinggi atau hipertensi, hingga stroke dan diabetes.

Pasien stroke dapat mengalami gangguan penglihatan akibat rusaknya sistem saraf pembawa informasi organ penglihatan. Sedangkan pasien diabetes bisa mengalami gangguan retina yang disebut retinopati diabetik akibat kadar gula darah tinggi.

7. Masalah Penglihatan

Terakhir, kondisi pandangan buram juga bisa disebabkan karena kondisi masalah penglihatan tertentu. Di antaranya seperti miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), presbiopi (mata tua), hingga astigmatisme (kelainan pada kelengkungan kornea).

5 Cara Mengobati Mata Buram Secara Alami

Berdasarkan 7 penyebab di atas, cara pengobatannya bisa berbeda-beda tergantung gejala yang dialami. Berikut adalah beberapa cara mengobati mata yang buram secara alami tanpa obat-obatan tertentu.

1. Istirahat cukup

Mata buram bisa disebabkan karena stres atau kurangnya istirahat sehingga mata menjadi kering. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan istirahat cukup dan mengurangi intensitas melihat layar gadget dalam waktu lama.

2. Menghidrasi/melumasi mata

Jika penyebabnya adalah karena organ penglihatan kering dan kurang dilumasi, maka cara mengobatinya adalah dengan melumasinya hingga terhidrasi. Misalnya yaitu dengan berkedip-kedip beberapa kali, memberi obat tetes, atau menggunakan kompresan.

3. Konsumsi Vitamin A

Menurut penelitian, sumber makanan kaya provitamin A karotenoid dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan, terutama bagi para lansia. Untuk mengobati secara alami, direkomendasikan mengonsumsi 700-900  mikrogram asupan vitamin A per hari.

4. Konsumsi Asam Lemak Omega-3

Selain vitamin A, zat lain yang dianggap dapat berefek positif bagi organ penglihatan adalah asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 bisa diperoleh dari beberapa makanan seperti ikan kembung dan kenari.

5. Lindungi mata

Terakhir, jangan lupa untuk melindungi organ penglihatan dengan cara menggunakan kacamata untuk menghindari paparan kontaminan asing. Sebaiknya, kenakan juga kacamata hitam saat terpapar sinar matahari untuk menghalangi sinar ultraviolet (UV).

Kelima metode pengobatan alami tersebut bisa dicoba jika penglihatan Anda terganggu. Namun, jika gejala berlanjut dan cara mengobati mata buram secara alami tidak berhasil, cobalah untuk berkonsultasi langsung kepada dokter.