Cara Menggunakan Masker Mata untuk Merasakan Manfaatnya

Cara menggunakan masker mata menjadi pengetahuan yang cukup penting. Namun masalahnya, pengetahuan terkait hal ini masih sangat kurang. Ini terlihat jelas di masyarakat. Itu karena, tidak semua orang menggunakan masker untuk mata ini.

Jika dilihat secara keseluruhan, penggunaan masker ini terbilang sebagai hal unik. Itu karena, istilah masker yang digunakan pada mata terkesan sebagai sebuah terobosan baru. Sebelumnya, penggunaan masker lebih umum untuk bagian lain pada tubuh seperti wajah.

Oleh karena itu, terkesan begitu unik ketika mengetahui kalau masker ini bisa juga digunakan untuk mata. Menggunakan masker untuk mata sendiri memang terkesan mudah. Itu karena, Anda hanya perlu menempelkannya ke area didekat mata.

Tetapi ingat, penggunaan tersebut tidak akan memberikan hasil maksimal. Jika ingin hasil maksimal, penggunaan masker perlu melewati beberapa tahapan. Intinya, Anda harus melakukan persiapan sebelum masker tersebut digunakan.

Berikut Cara Menggunakan Masker Mata

Apabila Anda belum mengetahui tata cara penggunaan masker untuk mata, ini adalah tempat yang tepat. Kami akan dirincikan secara lebih dalam mengenai beberapa cara yang perlu dilewati. Perlu diingat, cara ini saling berkesinambungan antara satu dengan yang lain.

Oleh karena itu, merupakan kesalahan besar jika penggunaannya tidak dilakukan dengan baik. Itu karena, hasilnya tidak akan maksimal apabila ada tahap yang terlewat. Supaya lebih jelas, berikut cara yang wajib dilakukan.

1. Bersihkan Wajah

Hal pertama yang perlu dilakukan saat akan menggunakan masker mata adalah pembersihan wajah. Perlu diingat, pembersihan wajah ini sangat sederhana. Teknik pembersihan yang perlu dilakukan adalah seperti ketika akan menggunakan skincare.

Cara paling efektif untuk membersihkan wajah sendiri adalah dengan menggunakan cleansing oil atau sabun wajah. Intinya Anda perlu memastikan kalau kotoran, minyak, maupun bekas make up sudah hilang sepenuhnya.

Baca Juga: Gejala Mata Sayu, Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Toner

Cara menggunakan masker pada mata berikutnya berkaitan dengan penggunaan toner. Perlu diingat, toner ini berada di tahap kedua. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan dulu kalau wajah memang sudah bersih ketika tahap awal dilakukan.

Tujuan penggunaan toner sendiri adalah untuk mengembalikan pH wajah. Itu karena, pH wajah ini biasanya meningkat atau menurun ketika toner baru saja dilakukan. Nantinya, ketidakseimbangan pH wajah bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

3. Gunakan Masker untuk Mata

Tahap selanjutnya adalah menggunakan masker untuk mata itu sendiri. Perlu diingat, ada banyak tipe produk masker untuk mata. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan penggunaan tersebut dengan produk yang dipilih.

Tetapi secara umum, masker mata sendiri lebih sering digunakan pada area bawah mata. Nantinya masker ini akan menargetkan kantung mata yang biasanya berwarna kehitaman. Jangan lupa untuk melihat petunjuk berapa lama masker tersebut harus digunakan.

4. Skincare

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah menggunakan skincare seperti biasa. Tidak ada patokan khusus dalam penggunaan skincare. Intinya Anda bisa memilih skincare yang dirasa cocok dengan kulit wajah.

Jika melihat secara umum, ada beberapa tipe skincare yang biasa digunakan. Tipe skincarenya seperti serum, krim mata, dan essence.

Tetapi ingat, hindari penggunaan serum atau essence apabila masker mata yang dipakai berbentuk eye patch. Itu karena, serum dan essence bisa menyebabkan masker untuk mata sulit menempel.

5. Lepas

Beberapa orang menganggap kalau semakin lama masker untuk mata dipakai maka hasil yang didapat akan semakin baik. Perlu diketahui, pemahaman tersebut merupakan kesalahan besar. Itu karena, waktu yang terlalu lama bisa menimbulkan munculnya bercak.

Untuk mengatasi masalah ini, lihat dulu kemasannya dan pastikan berapa lama saran penggunaan yang ada. Itu karena, setiap produk memiliki saran penggunaan berbeda-beda. Walaupun biasanya, waktu yang disarankan adalah 10 hingga 15 menit.

6. Penggunaan Sekali

Ada beberapa orang yang melakukan kesalahan dengan menggunakan masker untuk mata berkali-kali. Ini biasanya dilakukan karena masker untuk mata yang baru dipakai dirasa masih bersih. Perlu diketahui, masker untuk mata umumnya digunakan sekali.

Oleh karena itu, Anda harus langsung menggantinya apabila masker tersebut selesai digunakan. Memang, ada beberapa masker untuk mata yang bisa digunakan berkali-kali. Tetapi hal tersebut sangat jarang dan biasanya tercantum di kemasan.

Pastikan untuk teliti ketika menggunakan masker untuk mata. Jangan sampai penggunaannya dilakukan secara asal sehingga masker mata yang dipakai memberikan hasil kurang maksimal.