5 Manfaat Latihan Kelenturan Bagi Tubuh: Yuk Cari Tahu!

Setiap orang lahir dengan tingkat kelenturan tubuh yang berbeda-beda. Namun, tingkat kelenturan tubuh ini bisa dilatih dan ditingkatkan dengan melakukan berbagai pelatihan. Tidak hanya untuk meningkatkan kelenturan. Ada banyak manfaat Latihan kelenturan yang lain.

Latihan kelenturan tubuh ini utamanya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia secara keseluruhan. Dalam Latihan ini, biasanya dikenal dua istilah yaitu kelenturan dan kelentukan, walaupun terdengar sama namun ini adalah dua hal yang berbeda.

Perbedaan kelenturan dan kelentukan ada pada titik beratnya. Di mana kelenturan lebih berfokus pada ruang gerak sedangkan kelentukan ada pada gerakannya yang besar dan luas. Pada pembahasan ini akan lebih fokus pada kelenturan.

Manfaat Latihan Kelenturan Bagi Tubuh Manusia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Latihan kelenturan memiliki banyak benefit untuk tubuh manusia, terutama pada sisi kesehatannya. Tubuh dan gerakan yang lentur pada dasarnya dibutuhkan pada setiap cabang olahraga.

Hal ini menjadikan Latihan kelenturan adalah Latihan dasar yang harus dilakukan setiap atlet. Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat dari Latihan kelenturan bagi tubuh manusia.

1. Meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Manfaat pertama melakukan Latihan kelenturan tubuh adalah meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Hal ini karena melakukan Latihan kelenturan bisa membantu peningkatan kontraksi dan relaksasi pada bagian otot.

Karena bagian otot terlatih, maka tubuh menjadi luwes dan tidak terasa kaku. Hal ini bisa meningkatkan kesehatan dan tingkat kebugaran pada tubuh. Mengurangi rasa sakit pada bagian otot dan sendi.

2. Meningkatkan Kesehatan Bagian Persendian

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Latihan ini dapat mengurangi sakit pada bagian sendi. Hal ini karena Latihan kelenturan tubuh dapat memicu produksi dari cairan synovial. Cairan merupakan cairan yang sangat penting pada bagian persendian.

Karena cairan ini berperan sebagai pelumas pada bagian sendi. Sehingga, dapat mengurangi gesekan dan efeknya saat bergerak. Selain itu, cairan ini juga membawa nutrisi kepada bagian sendi.

3. Aktivitas Lebih Ringan dan Cepat

Karena memiliki otot dan sendi yang terlatih oleh Latihan kelenturan. Maka, aktivitas yang dilakukan pun menjadi lebih ringan dan lebih cepat. Tidak perlu lagi mengeluarkan terlalu banyak energi atau mengorbankan waktu untuk melakukan suatu aktivitas.

Aktivitas yang awalnya terasa berat menjadi terasa lebih ringan. Karena memang otot sudah siap untuk beraktivitas dan terbiasa dengan pergerakan.

4. Menghindari Kemungkinan Cedera pada Sendi dan Otot

Tidak hanya mengurangi rasa sakit saja, manfaat Latihan kelenturan juga dapat menghindarkan kemungkinan cedera pada bagian sendi dan otot. Hal ini karena seseorang yang terbiasa melakukan Latihan kelenturan makan otot dan sendinya akan lebih kuat dan elastis.

Jadi, kemungkinan pergerakan dan beban yang bisa ditanggung menjadi meningkat. Karena gerakan otot juga cukup lentur. Hal ini menghindarkan tubuh dari kemungkinan cedera terutama pada bagian otot dan sendi.

Begini: Salah Satu Bentuk Latihan Kelenturan

5. Perbaikan pada Sikap Tubuh

Manfaat yang paling signifikan dalam melakukan Latihan kelenturan adalah membentuk sikap tubuh yang ideal. Panjang bahu, bahkan sampai panjang tulang punggung, bisa dipengaruhi oleh Latihan kelenturan ini.

Karena itu, jika dilakukan secara rutin. Latihan ini dapat melakukan perbaikan dan peningkatan pada sikap tubuh secara keseluruhan. Itulah berbagai manfaat Latihan kelenturan yang perlu diketahui. Ternyata ada banyak sekali manfaat di samping membuat tubuh menjadi semakin lentur. Mulai lakukan Latihan kelenturan secara rutin dan mulai dengan gerakan yang sederhana saja.