Mari Konsumsi Makanan Penghancur Kista Ginjal Agar Sehat!

Selain berobat, sering mengonsumsi makanan penghancur kista ginjal adalah kewajiban bagi para penderitanya. Penyakit ini tidak bisa dianggap remeh karena bersifat mematikan. Daripada kondisi Anda nantinya bertambah buruk!

Adanya disfungsi organ penting merupakan momok bagi masyarakat. Apalagi ginjal merupakan bagian krusial yang berfungsi membuang racun dan zat sisa metabolisme. Bisa Anda bayangkan jika kualitas kerjanya menurun bahkan rusak.

Kista ternyata dapat muncul pada organ tersebut bahkan penderita tidak menyadarinya sejak awal. Faktor utama pembentukan kista sering terjadi karena usia senja. Hal ini dikarenakan sistem metabolisme sudah menurun.

Apa Pengertian, Gejala, dan Penyebab Kista Ginjal?

Makanan penghancur kista ginjal seharusnya mulai dikonsumsi sejak gejala pertama. Anda harus sigap dalam memerhatikan tanda-tanda yang muncul. Dengan begitu risiko mengerikan dapat diminimalisir bahkan sembuh secara total.

Kista pada ginjal muncul karena adanya cairan dalam kantung tersebut. Seringnya kondisi tersebut tidak berbahaya atau mematikan karena bersifat jinak. Orang-orang tidak menyadari karena kemunculannya bisa tanpa gejala.

Kamu Perlu Tahu: Obat Gagal Ginjal yang Mengandung Bahan Herbal

Gejalanya seperti nyeri ulu hati, area pinggang dan punggung bawah. Anda merasa mudah lelah apalagi jika sedang melakukan aktivitas fisik. Urin berubah warna lebih gelap padahal sering konsumsi air putih.

Apabila kondisi mulai memburuk maka penderita merasakan sakit berlebihan pada area tadi. Disusul terjadi demam hingga pembengkakan perut. Segera periksa ke dokter jika sudah mengalami pertanda tersebut.

Dokter mengatakan jika kista ginjal tidak disebabkan oleh faktor keturunan. Kita bisa kapanpun mengalaminya jika tidak menjaga kesehatan tubuh. Pola hidup dan pola makan buruk menjadi penyebab munculnya kantung kista.  

Contoh Makanan yang Dipantang Penderitanya

Sebelum Anda mengetahui contoh makanan penghancur kista ginjal, sebaiknya hindari dulu pantangannya. Selain makanan junk food ternyata beberapa jenis makanan sehat juga menjadi pantangan. Berikut contoh lengkapnya!

  1. Berbagai macam makanan terlalu asin wajib dikurangi. Konsumsi kadar garam berlebihan dapat memperparah kista. Ukurannya membesar dan fungsi ginjal semakin menurun. Contoh seperti junk food, keripik, camilan kering, dsb.
  2. Tidak boleh konsumsi makanan tinggi protein karena meningkatkan kadar purin. Kerja organ tersebut bertambah keras termasuk mempercepat kristalisasi. Contohnya seperti telur, daging merah, olahan susu, kacang-kacangan dan sayuran hijau.
  3. Makanan mengandung Oksalat juga sebaiknya dikurangi. Ini berada pada sayuran bayam, buah beet, kacang-kacangan dan buah berries. Ganti dengan sayuran berwarna lebih terang dan pucat.
  4. Aneka gorengan karena minyak dapa meningkatkan kolesterol. Selain itu metabolisme terhambat sehingga kristal dalam ginjal tidak dapat terbuang sempurna.
  5. Pantangan lain adalah kandungan Kalium yang terdapat pada bayam, alpukat, wortel, pisang, jeruk, kentang, umbi-umbian dan yogurt. Alasannya karena Kalium dapat menumpuk lalu menganggu fungsi ginjal.
  6. Kadar gula tinggi dalam camilan dan dessert manis harusnya dihindari. Anda juga bisa mengalami risiko lain yaitu diabetes. Aneka bahan tepung juga mengandung glukosa seperti donat, roti, camilan kering.
  7. Minum air berlebihan juga tidak disarankan bagi penderita kista ginjal parah. Kerja organ bertambah keras dan membuatnya lelah. Coba Anda atur waktu minum setiap hari sambil terus berkonsultasi pada dokter.

Jenis Makanan Penghancur Kista Ginjal

Selain berobat, Anda perlu menjaga pola hidup dengan makanan untuk penghancur kista ginjal. Hal ini bertujuan agar kondisi fisik tetap kuat dalam menjalani proses penyembuhan. Adapun makanan baik tersebut seperti berikut!

  1. Putih telur mengandung protein baik yang tidak menyebabkan peningkatan purin. Justru kuning telur yang harus Anda hindari karena terdapat fosfor tinggi. Bahkan jenis makanan ini disarankan bagi pelaku diet.
  2. Sekarang mulailah menyukai bawang putih dan memakannya rutin setiap hari. Pengidap sakit ginjal membutuhkan bawang putih karena mengandung Vitamin B6, sulfur dan anti inflamasi.
  3. Sayur kubis atau kol adalah alternatif serat terbaik. Anda bisa mengganti sayuran hijau tua dengan kubis. Berbagi zat baik diantaranya Vitamin B, Vitamin C, air, Vitamin K, fosfor, potasium.
  4. Jika daging merah tidak boleh dikonsumsi maka sumber protein didapatkan dari daging ayam tanpa kulit. Orang dengan program diet sehat juga mengandalkan daging ayam daripada sapi.

Usahakan pandai dalam memilih bahan dan jenis makanan. Jangan hanya mengandalkan pengobatan jalan dan obat-obatan rumah sakit. Pola hidup harus Anda perhatikan dengan konsumsi makanan penghancur kista ginjal.