Mari Kenali Jenis Batu Ginjal Mulai Ringan sampai Berbahaya

Secara medis terdapat macam-macam jenis batu ginjal yang dapat dipelajari oleh masyarakat. Baik penderita maupun non penderita sebaiknya memiliki dasar pengetahuan tersebut. Dengan begitu sakit dapat diminimalisir sejak awal.

Batu ginjal adalah munculnya kristal kemudian mengendap dalam organ. Karena sulit dikeluarkan maka menyebabkan rasa sakit hingga infeksi. Parahnya kondisi pasien bisa  kehilangan fungsi organnya dan harus melakukan cuci darah.

Kristal terbentuk dari sebab berbeda-beda. Bahkan kandungan di dalamnya tidak semuanya sama. Anda dapat mengetahui jenis batu tersebut sekaligus penyebabnya melalui ulasan lengkap di bawah ini!

Batu Oksalat Penyebab Sakit Ginjal

Kita sering menemukan jenis batu ginjal yang disebabkan kristal oksalat. Ada kandungan sitrat, kalsium dan asam oksalat di urin sehingga sulit dikeluarkan lewat kencing.

Semua zat-zat tersebut bersifat alami bahkan oksalat diproduksi setiap hari di organ hati. Intinya penyakit ini disebabkan karena pola makan tinggi oksalat. Coba cek jenis makanan Anda sehari-hari untuk memastikannya.

Sayuran serta buah tertentu dapat memicu produksi oksalat. Beberapa contohnya yaitu pisang, alpukat, bayam, daun kelor, kacang panjang, dll. Sedangkan kacang-kacangan, kentang, aneka ubi, buah bit, hingga kentang juga berisiko.

Kelebihan kalsium juga berbahaya karena zat tersebut akan bergabung dengan oksalat. Makanan seperti kuning telur, susu sapi, susu kedelai, yogurt, dan aneka olahannya sebaiknya dikurangi.

Gejala awalnya seperti anyang-anyangan biasa. Anda merasa panas, sakit, dan perih saat buang air kecil. Kalau sudah agak parah urin akan mengandung darah sehingga warnanya sedikit merah muda atau cokelat.

Jenis Batu Ginjal Asam Urat

Jenis ini dikarenakan oleh asam urat terlalu tinggi sampai mengkristal. Seperti penyakit asam urat biasa, kondisi tersebut muncul karena purin berlebihan dalam darah.

Meskipun risiko dapat dialami oleh semua kalangan usia namun pria lebih sering mengalaminya daripada wanita. Asa urat sebenarnya terbentuk dari dua cara yaitu natural atau kelebihan kalsium.

Pola makan buruk yang terlalu tinggi protein menjadi pemicu utamanya. Misalnya, Anda suka menyantap daging merah, telur, kacang-kacangan, dan olahan susu. Bahkan sayuran hijau seperti bayam, buncis, kacang panjang, dsb.

Pola makan tinggi purin meningkatkan kadar asam urat jika metabolisme Anda buruk. Terlebih lagi jarang berolahraga dan minum cukup air putih. Zat purin sulit dikeluarkan dan akhirnya mengendap di ginjal.

Tahukah Kamu: Perbedaan Batu Empedu dan Batu Ginjal

Sakit Ginjal Karena Infeksi Batu Struvite

Jenis batu ginjal kedua bernama struvite, terbentuk dari amonium, fosfat dan magnesium. Proses pertumbuhannya sangat cepat sehingga tergolong berbahaya. Ukurannya bisa semakin membesar jika Anda terlalu mengabaikan dan malas berobat.

Terbentuknya struvite karena infeksi dalam saluran kemih. Urea yang seharusnya dibuang malah dipecah menjadi amonia oleh bakteri penyebab infeksi. Jika tidak segera diatasi maka kristal tersebut semakin menyumbat saluran kencing.

Gejala awal penyakit ini cukup mudah diketahui bahkan diatasi. Anda harus segera ke dokter untuk mendapatkan obat infeksi saluran kemih. Misalnya saat kencing terasa sakit atau disebut anyang-anyangan.

Jangan terlalu lama menunggu karena dapat memicu terjadinya batu struvite lalu merusak organ tersebut. Wanita lebih rentan mengalami kondisi ini karena sering mengalami ISK atau Infeksi Saluran Kemih.

Batu Ginjal Sistin yang Sangat Langka

Jenis batu ginjal terakhir jarang ditemukan sehingga dianggap langka. Alasannya karena genetik herediter menjadi penyebab utama. Kelainan ini juga disebut cystinuria karena kristalisasi terbentuk secara alami di dalam tubuh.

Jika Anda tidak memiliki genetik pemicu munculnya batu tersebut maka tidak perlu khawatir. Zat sistin bocor kemudian dibawa oleh urin menuju ginjal. Karena sulit dikeluarkan maka terjadilah kristalisasi.

Ginjal penderita akan menghasilkan cystinuria atau asam amino berlebihan. Karena disebabkan oleh keturunan maka kondisi tubuh terasa fluktuatif. Meskipun sudah diobati tuntas, peluang munculnya kembali juga besar.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui penyakit bawaan itu? Lakukan medical check up sehingga riwayat penyakit genetik dapat segera diketahui. Dengan begitulah penderita bisa melakukan tindakan pencegahan sejak awal.

Sakit terjadi karena kristalisasi zat-zat tertentu. Proses metabolisme buruk menyebabkan pengendapan sehingga tidak bisa dikeluarkan melalui urin. Jadi waspadai jenis batu ginjal, kenali gejalanya lalu segeralah berobat.