Selain Sebagai Indra Pendengar Telinga Juga Berfungsi Sebagai? Cek Disini!

Telinga merupakan salah satu anggota bagian tubuh yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Salah satu fungsi telinga adalah sebagai alat pendengaran. Selain sebagai indra pendengar telinga juga berfungsi sebagai keseimbangan tubuh.

Bagian telinga dalam tubuh manusia terbagi menjadi tiga bagian utama, bagian bagian tersebut yakni bagian tengah, bagian dalam, dan bagian luar. Dalam telinga bagian tengah juga terdapat tulang-tulang kecil, tulang tersebut adalah stapes, malleus, incus.

Perlu Kamu Ketahui Anatomi dan Fisiologi Telinga Manusia

Fungsi Penting Telinga dalam Tubuh Manusia

Dalam fisiologi telinga, proses pendengaran diawali dengan penangkapan gelombang suara oleh daun telinga. Tidak hanya itu saja, fisiologi telinga juga menjelaskan penangkapan gelombang suara tersebut dihantarkan melalui udara.

Kebanyakan orang mengetahui bahwa fungsi telinga dalam tubuh manusia adalah sebagai alat pendengar. Namun para ahli membuktikan selain sebagai indra pendengar telinga juga berfungsi sebagai penjagaan keseimbangan tubuh manusia.

Penting bagi semua orang mengetahui apa saja fungsi penting telinga. Sebab, bagian tubuh ini memiliki fungsi yang sangat krusial.

1. Fungsi Telinga Sebagai Keseimbangan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas, selain sebagai indra pendengar telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh manusia.

Keseimbangan sendiri memiliki dua komponen, komponen tersebut yakni keseimbangan dinamis dan keseimbangan statis.

Keseimbangan dinamis merupakan keseimbangan yang berperan menjaga posisi tubuh agar tetap berdiri. Sedangkan keseimbangan statis merupakan keseimbangan yang berperan menjaga posisi tubuh saat bergerak.

Terdapat tiga kanal semisirkular yang berisi cairan dan ribuan rambut kecil dalam telinga yang berperan menjaga keseimbangan tubuh.

2. Merubah Getaran Menjadi Sinyal Saraf

Dalam bagian dalam telinga berfungsi untuk mengubah getaran menjadi sinyal saraf. Telinga bagian dalam terdapat saluran setengah lingkaran dan koklea. Koklea akan berperan mengubah getaran menjadi sinyal saraf pada telinga.

Sementara saluran setengah lingkaran berperan untuk menyeimbangkan tubuh manusia saluran ini dilapisi rambut-rambut kecil dan berisikan cairan-cairan di dalamnya.

Ketika anda menggerakkan kepala anda, cairan yang terdapat dalam saluran setengah lingkaran akan mengalir dan menggerakkan rambut.

Setelah itu rambut-rambut tersebut akan mengirimkan sinyal melalui saraf vestibular ke dalam otak anda, sehingga otak anda nantinya akan menerjemahkan saraf-saraf ini dan akan mengirim pesan ke otot tubuh manusia.

3. Telinga Berfungsi Menangkap Suara dan Mengubah Bunyi

Fungsi umum yang banyak orang ketahui adalah telinga dapat menangkap suara-suara masuk. Fungsi tersebut akan memudahkan seseorang untuk lebih baik berinteraksi. Tanpa adanya telinga seseorang tidak akan menangkap suara-suara dari luar tubuh manusia.

Tidak hanya itu saja, telinga juga dapat mengubah bunyi berupa energi elektris dan energy mekanis secara efisien dan nantinya akan diteruskan ke otak manusia.

Telinga manusia umumnya memiliki reseptor khusus untuk mengenali getaran bunyi. Pada dasarnya bunyi yang dapat didengar manusia berkisar 20 Hz sampai 20.000Hz.

Penutup

Nah, itu lah merupakan fungsi telinga pada tubuh manusia. Selain sebagai indra pendengar telinga juga berfungsi sebagai penyeimbang tubuh manusia dan sebagainya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa telinga memiliki peran penting dalam tubuh manusia, seperti menjaga keseimbangan tubuh, menangkap suara-suara di luar tubuh, hingga mengubah getaran menjadi sinyal saraf.

Tentunya dalam fisiologi telinga terdapat bagian-bagian telinga yakni bagian luar, bagai dalam, dan bagian tengah memiliki perannya masing-masing agar fungsi telinga manusia dapat berjalan baik.