Hidung Bengkak Sebelah Kanan atau Kiri? Ini Penyebabnya!

Anda mengalami hidung bengkak sebelah kanan? Hidung yang bengkak adalah masalah hidung yang umum terjadi, baik di bagian atau dalam hidung. Hal ini karena ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan hidung bengkak.

Masalah hidung bengak ini bisa jadi masalah yang serius jika ada penyebab virus atau infeksi lain dalam bagian hidung dalam dan gejala bahaya lainnya.

Termasuk  hidung bengkak sebelah kanan di bagian dalam. Karena kemungkinan ini Anda dihimbau mengenali penyebab kebengkakan itu dan segera menanganinya dengan tepat. 

Jenis-jenis Hidung Bengkak Sebelah Kanan atau Kiri

Ada banyak faktor penyebab kondisi ini, seperti alergi, infeksi, dan sinusitis.  Ditemukan pada beberapa kasus juga bisa muncul gejala lain, seperti demam, sakit kepala, dan hidung yang berair.

Apakah Anda perlu ke dokter jika mengalami gejala tersebut? Simak jenis hidung bengkak berikut ini agar Anda bisa mengenali penyebab dan penanganannya:

1. Hidung Bagian Luar Bengkak

Jika Anda mengalami pembengkakan hidung bagian luar maka bisa terlihat dengan mudah tanpa harus diperiksa secara khusus.  Contohnya bengkak di bagian ujung hidung, batang hidung, atau di permukaannya.

Sebenarnya hidung bengkak di bagian luar bukanlah penyakit, tetapi gejala bahwa Anda mengalami masalah kesehatan tertentu. Hidung yang bengkak di bagian luar dapat disebabkan karena hal berikut ini:

  • Gigitan Serangga
  • Reaksi Alergi
  • Jerawat di hidung
  • Rosacea
  • Cedera pada hidung

2. Hidung Bagian Dalam Bengkak

Dibandingkan bengkak bagian luar hidung, bengkak di bagian dalam hidung lebih rumit Anda identifikasi. Hal ini karena bagian rongga hidung memiliki struktur dan jaringan yang sangat kompleks. Seperti bagian mukosa, tulang rawan, bulu hidung, sinus dan lain-lain.

Contohnya hidung bengkak sebelah kanan atau kiri di bagian dalam dapat disebabkan oleh penyakit hidung seperti berikut ini:

a. Rinitis

Rhinitis adalah masalah hidung yang umum terjadi karena peradangan yang bisa disebabkan karena alergi atau non-alergi. Rinitis biasa dikenal dengan sebutan pilek yang juga bisa menyebabkan hidung bengkak. Gejala lain bisa bersin-bersin, batuk, meler, mata berair, dll. 

b. Polip Hidung

Polip Hidung bergejala muncul benjolan di dalam hidung tetapi tidak sakit. Penyakit hidung ini bisa infeksi dan bengkak sehingga bisa sangat mengganggu pernapasan Anda.

c. Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan hidung yang terjadi di dalam sinus. Sinus secara normal adalah rongga yang berisi udara. Jika bagian ini terinfeksi maka hidung bisa bengkak dan berair.

d. Hipertrofi Konka

Hipertrofi konka adalah peradangan di bagian konka hidung yang merupakan tulang rawan dalam hidung yang terlapisi oleh mukosa. Jika bagian ini radang, maka Anda akan merasa ada penyumbatan di hidung dan bisa membengkak.

e. Vestibulitis Rongga Hidung

Vestibulitis bisa terjadi pada bagian tubuh yang berbulu lainnya. Termasuk bagian dalam hidung yang bisa nyeri, kemerahan, sampai membengkak.  

f. Folikulitis Hidung

Folikulitis adalah peradangan di bagian folikel rambut atau bulu hidung yang memunculkan benjolan kecil di pangkal rambutnya. Umumnya hal ini tidak menyebabkan masalah yang parah pada hidung.

g. Tumor Hidung

Hidung dalam yang bengkak di bagian kanan atau kiri juga bisa disebabkan karena tumor. Tumor hidung dan paranasal atau sinus bisa berupa tumor jinak atau ganas. Jika tumor ganas maka bisa beresiko mengalami kanker hidung atau kanker sinus.

Baca Juga: Penyakit Hidung dan Cara Mengatasinya

Berdasarkan penyebab hidung bengkak sebelah kanan atau kiri di bagian dalam, kenali terlebih dahulu gejalanya. Jangan panik, bisa jadi itu adalah masalah hidung yang umum terjadi. Segera periksa ke dokter jika kamu mengalami gejala penyakit hidung yang parah.