Hati-Hati! Inilah Beberapa Gejala Sipilis Ringan Pada Pria

Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar nama penyakit yang satu ini. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual. Nah, pada artikel ini akan dibahas seputar sipilis dan juga gejala sipilis ringan pada pria.

Untuk mengetahui lebih jauh terkait penyakit sipilis, maka bacalah penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Pengertian Penyakit Sipilis

Sipilis (sifilis) atau yang juga sering disebut sebagai penyakit kelamin raja singa merupakan sejenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum.

Secara umum penyakit ini diawali dengan gejala munculnya luka ringan di area kelamin atau dubur. Luka ini pun biasanya tidak terasa sakit dan sering diabaikan begitu saja oleh penderita. Hal ini yang menyebabkan banyak orang tidak sadar telah menderita penyakit sipilis.

Namun demikian, penyakit sipilis merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya jika tidak segera ditangani dengan prosedur yang tepat. Ini karena dalam jangka panjang, sipilis bisa menyebabkan adanya komplikasi organ tubuh dalam bagi penderitanya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja gejala-gejala yang muncul ketika seseorang terkena penyakit sipilis. Nah, berikut ini akan kami bahas beberapa gejala sipilis ringan pada pria.

Begini Cara Mengobati Sipilis Secara Alami

Gejala Sipilis Ringan Pada Pria

Sebelum kita membahas mengenai gejala penyakit sipilis, perlu anda ketahui bahwa penyakit sipilis ini memiliki gejala yang berbeda-beda sesuai dengan tahapan perkembangan penyakitnya. Dan gejala sipilis berdasarkan tahapannya adalah sebagai berikut.

1. Sipilis Primer

Gejala sipilis primer tergolong masih ringan. Biasanya gejala sipilis ringan pada pria ini ditandai dengan munculnya luka di area bakteri masuk dan menginfeksi (disekitar alat kelamin atau dubur).

2. Sipilis Sekunder

Pada tahapan ini, bakteri sudah mulai berkembang lebih aktif dalam menginfeksi tubuh inangnya. Golongan ini ditandai dengan gejala munculnya ruam-ruam pada tubuh penderita.

3. Sipilis Laten

Pada tahapan sifilis laten, bakteri sudah menetap dan berada di dalam tubuh penderita. Pada tahap ini penderita tidak akan mengalami gejala khusus, inilah yang menyebabkan banyak penderita sipilis tidak menyadari dirinya terkena penyakit sipilis.

4. Sipilis Tersier

Sifilis tersier atau tahap terakhir dari perkembangan penyakit sipilis ini akan muncul gejala-gejala yang lebih sering dan jelas. Bahkan pada tahapan ini penderita akan mulai mengalami gangguan kesehatan organ dalam tubuhnya hingga mengalami komplikasi.

Nah itulah beberapa gejala umum yang akan dialami oleh penderita sifilis. Di beberapa kasus, para penderita sifilis bisa saja mengalami gejala yang lebih parah dan sering, ini juga berkaitan dengan bagaimana kondisi tubuh si penderita.

Melihat betapa berbahayanya penyakit sipilis ini, tentu membuat kita sadar untuk lebih berhati-hati dan peduli dengan kondisi tubuh dan kesehatan kita.

Sebagai tindakan pencegahan, anda sebaiknya tidak melakukan hubungan seks secara bebas. Terlebih jika tanpa pengaman apapun.

Tapi jika anda merasa mengalami beberapa gejala yang disebutkan di atas, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan kondisi anda ke dokter. Ini sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan penanganan secepat mungkin jika memang anda terinfeksi bakteri penyakit sifilis.

Penutup

Jadi, itulah penjelasan singkat seputar penyakit sipilis dan juga gejala sipilis ringan pada pria. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang penyakit sifilis dan gejala-gejalanya. Jaga kesehatan dan terima kasih.