Banyak yang Belum Tahu Mengenai Pembahasan Fungsi Daun Telinga

Fungsi daun telinga merupakan pengetahuan yang jarang orang telusuri. Karena pada dasarnya hanya tahu bahwa telinga berfungsi sebagai pendengar suara. Namun, tidak hanya itu dan masih banyak lagi. Oleh karena itu kami akan memberitahu informasinya secara lengkap disini.

Telinga merupakan salah satu bagian panca indra dari tubuh manusia. Fungsi utamanya adalah untuk mendengar. Memiliki bentuk relatif sedikit berbeda dengan manusia lainnya. Tetapi perannya akan tetap sama, yaitu dapat menangkap suara.

Penjelasan daun telinga sangat cocok untuk dibahas. Apalagi bagi para pelajar di bangku SMA dengan jurusan IPA. Biasanya pelajaran ini ada pada mata pelajaran biologi. Sebagai manusia harus tahu apa saja manfaat dan fungsi dari setiap organ yang dimiliki.

Bentuk utama gen yang menentukan bentuk dari daun telinga biasa dikenal dengan sebutan alel. Alel merupakan gen yang terdapat pada bagian tertentu kromosom. Tentunya gen akan ditentukan dari orang tua.

Perlu diketahui, bahwa ada jenis daun telinga. Ada kemungkinan Anda belum mengetahuinya secara mendalam. Bagian tersebut meliputi daun telinga bebas dan menempel.

Secara umum fungsi dari daun telinga sangat berpengaruh terhadap perkembangan manusia. Karena semua informasi akan ditangkap melalui pendengaran lalu ke otak. Tentunya Anda harus waspada ketika telinga sudah mengalami gangguan.

Berikut Adalah Beberapa Fungsi Daun Telinga

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Diantaranya dapat meningkatkan rasa percaya diri ketika menggunakan anting atau dapat mendengar secara jelas. Tidak semua orang bisa mendapatkan panca indra yang sempurna.

Fungsi daun telinga sebetulnya sangat banyak, begitu juga dengan bagian tubuh lainnya. Semuanya saling melengkapi satu sama lain. Sehingga akan membuat karakter yang cerdas. Berikut adalah beberapa fungsi dari daun telinga.

1. Mengetahui Lokasi Suara

Ketika Anda sedang terbaring tidur, tentunya akan kaget dan terbangun karena mendengarkan suara keras. Maka otomatis akan merasakan di mana sumber suara itu berada. Tentunya ini semua sangat berperan penting.

Anda sedang berjalan di rel kereta, kemudian datanglah kereta dan seorang masinis akan memberi suara kencang (klakson). Tentunya Anda akan menghindar dan keluar dari rel tersebut. Tujuannya supaya tidak tertabrak.

Baca Juga: Anatomi dan Fisiologi Telinga

2. Menyeleksi Frekuensi Suara

Fungsi dari daun telinga selanjutnya adalah dapat menyeleksi frekuensi suara. Menurut penelitian bahwa tidak semua jenis suara dapat didengar atau diterima oleh daun telinga. Apabila Anda dapat mendengar suara, maka itu merupakan bukti bahwa frekuensi suara diterima.

Oleh karena itu, ketika terjadi kerusakan atau kurangnya terdengar suara, bahkan tidak bisa mendengar, maka segera perika ke dokter THT. Supaya dapat diatasi  secara cepat dan tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

3. Untuk Menangkap Suara

Fungsi daun telinga yang utama adalah untuk menangkap suara. Sehingga nantinya suara tersebut akan dikirim ke otak dan akan dicerna. Pada akhirnya timbulan perlakuan atau tindakan.

4. Melindungi Telinga Bagian Dalam

Ada beberapa bagian telinga yang sensitif ketika disentuh. Tentunya daun telinga ini memiliki peran penting untuk melindungi bagian dalam telinga. Sehingga tidak akan terjadi luka akibat gesekan atau sentuhan benda.

Fungsi dari daun telingajuga dapat mencegah masuknya serangga, karena terdapat struktur kelokan pada tulang. Tentunya tidak semua benda akan mudah masuk ke bagian dalamnya. Oleh karena itu, tuhan menciptakan manusia dengan sebaik rupanya.

5. Menyeimbangkan  Tekanan Udara

Seperti yang diketahui ketika sedang menaiki pesawat biasanya pihak mereka menyediakan headset atau penutup telinga. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa sakit ketika sedang take off.

Ketika tubuh manusia sedang dibawa naik ke udara dengan menggunakan pesawat, sangat dipastikan tekenan udara akan berubah. Pada akhirnya telinga akan merasakan sakit akibat berubahnya tekanan udara tersebut.

Fungsi daun telinga ketika menghadapi tekanan udara adalah untuk menyeimbangkan dan membantu atau mengurangi rasa sakit pada gendang telinga. Tentunya ini semua akan sangat membantu.

Begini: Tips Memilih Obat Tetes Telinga

Ternyata Ada Dua Jenis Daun Telinga

Perlu diketahui bersama, bahwa telinga manusia memiliki 2 jenis. Salah satu penelitian mengatakan bahwa daun telinga terdiri dari jaringan ikat yang dikombinasikan dengan campuran  jaringan areola dan sel lemak.

Fungsi dari daun telinga memiliki supplay darah yang nantinya akan membantu menjaga agar tetap hangat. Secara umum ada dua jenis daun telinga yang terdapat pada manusia, berikut adalah ulasan secara lengkapnya.

1. Daun Telinga Bebas

Memiliki bentuk lobus dan ukurannya relatif besar. Biasanya ini terjadi karena adanya pengaruh dari gen orang tua. Tetapi tidak akan berpengaruh pada pendengaran.

2. Daun Telinga Menempel

Kemudian jenis yang kedua adalah daun telinga menempel yang tentunya jarang ditemukan oleh banyak orang. Tentunya sedikit berbeda dengan daun telinga bebas. Namun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama.

Semua bagian tubuh manusia memiliki tujuan dan manfaatnya masing-masing. Tentunya penting sekali untuk mengetahui fungsi daun telinga.