Seperti yang telah banyak diketahui, penyakit paru-paru bisa mempengaruhi Kesehatan organ pernapasan. Hal itulah yang menyebabkan seseorang pengidap penyakit paru-paru akan kesulitan untuk bernapas. Agar lebih waspada, Anda sebaiknya kenali ciri-ciri penyakit flek paru-paru.

Apa sih sebenarnya penyakit flek paru-paru ini? Banyak pula yang bertanya perbedaan flek paru dan TBC. Memang benar, flek paru-paru ini merupakan nama lain dari penyakit TBC paru. Penyakit dalam yang satu ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.

Hal itu penting diketahui bagi semua orang agar tak mengabaikan ciri-ciri penyakit flek paru-paru ini. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai gejala flek paru-paru pada orang dewasa yang umumnya diabaikan. Sebelumnya, kenali dulu apa itu flek paru-paru?

Apa Itu Flek Paru-Paru?

Flek paru-paru atau TBC paru ini disebabkan oleh adanya infeksi paru. Yang lebih mengerikan, flek paru-paru ini tak hanya berisiko menulari orang lain, akan tetapi juga menyebar dan menyerang organ tubuh lain. Tentu saja infeksi yang menyerang paru-paru ini tidak bisa dibiarkan.

Sebab, jika tak segera ditangani ia bisa menjadi hal yang membahayakan Kesehatan manusia. Orang yang rentan terserang infeksi bakteri ini adalah merokok, orang yang terpapar gas radon, terkena asbes, sering terkena polusi udara.

Selain itu, orang tua ataupun bayi yang baru lahir juga sangat berisiko tertular penyakit ini. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh pada orang-orang ini lemah.

Apa Penyebab Terjangkitnya Flek Paru-Paru?

Seperti yang diketahui, penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri, khususnya Mycobacterium tuberculosis atau M tuberculosis. Umumnya, bakteri ini bisa menular ke orang lain melalui percikan dahak atau ingus yang dikeluarkan oleh penderita.

Sayangnya, tak semua orang mengetahui bahwa dirinya terpapar bakteri tersebut. Padahal sebenarnya, ia telah mengalami gejalanya sejak lama. Hal tersebut dikarenakan bakteri ini bisa masuk tahap tidak aktif selama beberapa tahun lamanya.

Namun, jika dibiarkan bakteri ini akan semakin ganas menyerang tubuh penderita. Oleh karena itulah, penting untuk memahami ciri-ciri penyakit flek paru-paru. Sehingga, Anda tidak lagi abai terhadap gejala-gejala yang ditimbulkannya.

Meskipun setiap penderita tentu memiliki gejala yang tak selalu sama, bahkan tak bisa terdeteksi di awal-awal terinfeksi. Meski demikian, untuk meningkatkan kewaspadaan, sebaiknya Anda mengetahui beberapa ciri-ciri penyakit flek paru-paru ini.

Baca juga: Macam – Macam Penyakit Dalam, Pastikan Anda Tahu Apa Saja

Ciri-Ciri Penyakit Flek Paru-Paru

Risiko penularan penyakit flek paru-paru ini sangat rentan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala-gejalanya. Adapun berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penyakit paru-paru yang kerap kali diabaikan dan tidak disadari.

1. Batuk Tak Kunjung Sembuh

Ciri pertama yang harus diwaspadai adalah adanya batuk yang lama diderita, akan tetapi tidak kunjung sembuh. Padahal, batuk biasa menjadi petunjuk bahwa saluran pernapasan sedang mengalami gangguan.

Bahkan, terkadang kondisi batuk ini semakin parah dan bersifat kronis. Menurut American Lungs Association, batuk yang diderita lebih dari delapan minggu bisa menjadi ciri-ciri penyakit flek paru-paru kambuh.

Meski begitu, tak semua penderita flek paru-paru ini mengalaminya. Ada pula penderita penyakit paru-paru tanpa batuk. Namun, pastinya ia mengalami gejala yang lainnya yang menunjukkan terpaparnya bakteri flek paru-paru tersebut.

2. Sesak Nafas

Selain batuk yang berkepanjangan, ciri-ciri penyakit flek paru-paru yang kerap kali dirasakan penderita adalah sesak napas. Dalam aktivitas keseharian biasa, sesak nafas bisa saja terjadi akibat pekerjaan berat atau tengah mengalami stress yang berlebihan.

Namun, berbeda dengan gejala flek paru-paru ini, yang bisa mengalami sesak napas hanya karena beraktivitas ringan, Bahkan, penderita bisa sesak napas ketika sedang beristirahat atau tiduran saja. Kondisi ini bisa menjadi tanda penyakit paru-paru yang sama seperti asma, terutama pada wanita.

3. Produksi Dahak yang Berlebihan

Cairan lendir dari saluran pernapasan atau yang biasa disebut dengan dahak adalah cairan yang diproduksi tubuh untuk pertahanan terhadap infeksi atau iritan. Ketika infeksi bakteri menyerang maka tubuh akan memproduksi banyak dahak.

Namun, perlu Anda waspadai, jika produksi dahak terjadi berlebihan dan berlangsung lebih dari satu bulan, maka kondisi tersebut bisa jadi adalah tanda flek paru-paru.

4. Mengi

Mengi merupakan suara bising ketika tubuh kesulitan mengambil napas. Mengi ini biasa terjadi pada penderita penyakit asma. Ciri ini juga bisa jadi menjadi ciri-ciri sakit paru-paru bronkitis. Mengi ini terjadi karena adanya penyempitan pada saluran pernapasan.

5. Batuk Darah

Selain itu, ciri-ciri penyakit flek paru-paru adalah adanya batuk yang berdarah. Hal ini menandakan bahwa paru-paru sudah dalam keadaan yang cukup parah. Umumnya, kondisi ini akan dialami penderita kanker paru-paru, bronkitis kronis, hingga sampai emfisema.

Darah yang keluar bersamaan dengan dahak ini biasanya warnanya merah cerah, coklat dan bercampur dengan lendir.

6. Sakit Dada

Nyeri pada dada seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Padahal nyeri dada bukan hanya tanda penyakit jantung, melainkan juga menjadi gejala penyakit pada paru-paru. Sakit dada ini bisa menjalar ke bahu ketika sebagian dari organ paru-paru mengalami adanya peradangan.

Oleh karena itu, Anda perlu mewaspadainya ketika mengalami sakit pada dada yang menyerang ke bahu lebih dari satu bulan. Terlebih lagi, jika hal itu dibarengi dengan batuk berdahak yang parah.

7. Kuku atau Bibir Jadi Lebih Pucat

Kuku dan bibir menjadi lebih pucat ini dikarenakan kekurangan oksigen akibat organ pernapasan yang bermasalah. Oleh karena itu, jangan abaikan apabila bibir, kuku, atau telapak tangan terlihat kebiruan, atau keabu-abuan. Sebab, hal itu bisa menjadi tanda adanya flek paru-paru.

8. Berat Badan Turun Tanpa Sebab

Karena penyakit paru-paru ini merupakan obstruktif kronik, hal itu menyebabkan adanya penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mampu bekerja secara efisien. Hal itu, membuat tubuh terus membakar kalori lebih banyak.

Jika semua gejala tersebut dikenali, maka Anda bisa lebih mewaspadainya. Semua hal di atas, apabila diabaikan barangkali tidak terasa pada waktu awal. Namun, apabila tubuh Anda di scan, maka akan terlihat gambar flek paru-paru.

Cara Menyembuhkan Flek Paru-Paru pada Orang Dewasa

Apabila Anda sudah positif didiagnosa mengidap flek paru-paru ini, sebaiknya Anda segera menjalani perawatan intensif agar infeksi ini bisa segera diatasi. Umunya, pasien nantinya akan diberikan beberapa jenis obat untuk dikonsumsi dalam 6 bulan atau lebih.

Namun, perlu juga diperhatikan bahwa dalam praktiknya, pasien harus mengkonsumsinya dengan teratur. Apabila pasien lalai, maka infeksi bisa semakin sulit ditangani. Pasalnya, bakteri tersebut bisa menjadi lebih kebal terhadap obat yang diberikan.

Sementara itu, pasien yang harus menjalani pengobatan melalui terapi observasi, maka ia harus opname di rumah sakit selama 2-4 minggu agar penyakitnya tersebut tak menular pada orang di sekitarnya. Nah, itulah beberapa ciri-ciri penyakit flek paru-paru yang dapat Anda ketahui. Semoga setelah mengetahui ciri-ciri di atas, Anda bisa lebih waspada terhadap terjangkitnya flek paru-paru ini.