Cara Menyembuhkan Penyakit Asma Secara Alami

Penyakit asma merupakan masalah pernafasan yang berbentuk alergis atau sensitif pada suatu hal yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, penyakit asma juga dapat disebabkan karena adanya flek di paru-paru. Lantas bagaimana cara menyembuhkan penyakit asma?

Perkembangan zaman yang semakin canggih ternyata juga berdampak pada berkembangnya metode penyembuhan penyakit asma. Salah satu metode yang paling banyak dipakai oleh masyarakat saat ini adalah penggunaan alat bantu pernapasan atau inhaler.

Namun, sebenarnya ada pula beberapa cara menyembuhkan penyakit asma secara alami alias tradisional. Cara-cara seperti ini tentu akan lebih sehat dan berdampak lebih baik pada tubuh. Hanya saja hasilnya memang tidak instan.

Cara Menyembuhkan Penyakit Asma Secara Alami

Berikut adalah 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit asma secara alami:

1. Obati dengan Jahe

Jahe merupakan ramuan anti-asma yang kuat. Dikutip dari Pharmeasy, sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013 menunjukkan bahwa suplemen jahe mampu meredakan gejala asma. Mengkonsumsi jahe setiap hari dapat memberikan sedikit kelegaan pada pernapasan.

Selain itu, manfaat jahe dalam membersihkan saluran hawa serta menghentikan peradangan juga lebih baik dibanding obat antihistamin layaknya Benadryl.

Serat serta karakter antioksidan dari rempah yang satu ini juga berkhasiat sebagai obat asma ampuh tanpa efek samping yang beresiko. Jadi, Anda dapat menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari serta minuman untuk menjaga kesehatan.

2. Konsumsi Pisang

Menurut studi tahun 2011 oleh beberapa peneliti dari Imperial College London, makan pisang tiap-tiap hari bisa menyembuhkan asma. Pada penelitian tersebut, anak-anak yang makan 1 buah pisang sehari, alami penurunan risiko tanda-tanda asma sampai lebih kurang 34 %.

3. Sembuhkan dengan Kunyit

Bahan aktif anti-inflamasi pada kunyit juga bisa menangani peradangan yang berdampak pada pembengkakan paru-paru serta konstriksi saluran pernapasan saat asma. Selain itu, kunyit dapat membantu melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot.

Beberapa kelebihan itulah yang membuat kunyit mampu menjadi senjata ampuh dalam cara menyembuhkan penyakit asma serta mencegahnya kambuh.

Baca Juga: Siapa yang Berisiko Besar Terkena Asma?

4. Konsumsi Bawang Putih

Ternyata selain enak sebagai bumbu masakan, bawang putih juga memiliki kualitas medis tertentu. Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang hebat. Dalam kasus penyakit asma, bawang putih dapat membantu mengurangi peradangan sehingga mengurangi gejala asma.

Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, konsumsi bawang putih secara mentah-mentah tanpa dimasak. Namun Anda juga bisa hanya memasukkan bawang putih ke dalam makanan untuk menenangkan saluran udara pada pernapasan dan membantu membukanya.

5. Makan Alpukat

Alpukat diketahui memiliki kandungan konsentrasi paling tinggi berupa l-glutathione. Jadi, buah yang satu ini merupakan salah satu makanan anti-asma yang mampu membuat perlindungan sel dan melawan rusak yang disebabkan radikal bebas.

Selain itu, alpukat juga dapat mendetoksifikasi tubuh dari polutan serta zat beresiko lain. l-glutathione dalam alpukat pun bisa menolong peradangan quells sistemik dan melakukan perbaikan kesehatan usus yang rusak. Hal ini juga akan mendukung penyembuhan asma.

6. Konsumsi Kubis

Kubis mempunyai kekuatan unik untuk memblokir radikal bebas dan berperan pada kontraksi otot polos saluran napas sisi dalam. Selain itu, kubis juga merupakan sumber fitokimia beta-karoten yang berperan sebagai antioksidan kuat dalam mengurangi gejala asma.

Penutup

Nah, demikianlah 6 cara menyembuhkan penyakit asma secara alami. Anda bisa mencoba cara yang mana saja karena semua bahan yang diperlukan pun mudah diperoleh. Hanya saja, kuncinya adalah Anda harus sabar dan telaten melakukannya setiap hari.