Catat! 5 Cara Mengobati Telinga Sakit Sebelah Kanan

Pernahkah anda mengalami sakit telinga sebelah kanan? Bagi sebagian orang tentunya pernah mengalami sakit tersebut. Nah, hal yang perlu anda lakukan untuk mengatasi sakit tersebut adalah mengetahui cara mengobati telinga sakit sebelah kanan.

Ada banyak macam penyakit yang terdapat pada bagian-bagian telinga, seperti telinga sakit seperti ditusuk, telinga kanan sakit saat ditekan, telinga sakit karena dikorek, sakit telinga sebelah kanan sampai kepala, hingga fungsi saluran telinga terhambat.

Pencegahan dan Cara Mengobati Telinga Sakit Sebelah Kanan

Penyebab sakit pada bagian-bagian telinga sebelah kanan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri yang terdapat pada telinga, kurangnya menjaga kebersihan telinga, dan liang telinga yang terluka akibat korekan.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjalankan pengobatan sakit pada bagian-bagian  telinga sebelah kanan. Namun, anda harus mengetahui cara mengobati telinga sakit sebelah kanan yang terbilang sangat ampuh.

Cara-cara ini tentunya sudah banyak dilakukan oleh para medis. Mau tau apa saja cara-cara tersebut? Yuk, simak selengkapnya di sini!

1. Hindari Kebiasaan Mengorek Telinga Terlalu Dalam

Sebagian orang mungkin seringkali mengorek telinga terlalu dalam untuk membersihkan kotoran-kotoran telinga. Cara tersebut akan mengakibatkan sakit pada telinga, bahkan anda juga berpotensi akan mengalami infeksi.

Hal yang perlu anda lakukan adalah menghindari kebiasaan mengorek telinga terlalu dalam. Selain itu, jika anda ingin menghilangkan kotoran menumpuk di telinga, sebaiknya anda memanggil para ahli untuk membersihkan kotoran tersebut menggunakan alat khusus.

2. Bersihkan Telinga

Sakit telinga sebelah kanan umumnya disebabkan oleh kotoran telinga yang sudah menumpuk. Oleh karena itu, anda perlu membersihkan telinga secara rutin.

Anda juga harus mewaspadai penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga, pasalnya penggunaan alat tersebut akan membuat kotoran telinga semakin ke dalam.

Anda hanya perlu membersihkannya bagian luar telinga menggunakan kasa atau kain bersih yang sudah dicelupkan air hangat. Untuk membersihkan telinga bagian dalam anda dapat dibantu para ahlinya.

3. Hindari Berenang di Air Tercemar

Ketika berenang biasanya telinga seseorang akan lebih sering kemasukan air, bahkan air yang sudah tercemar memiliki potensi besar masuk kedalam telinga. Hal tersebut juga akan mengakibatkan sakit pada telinga.

Maka dari itu, anda perlu menghindari berenang di air yang tercemar dan menjaga telinga tetap kering.

Dalam buku pengetahuan medis berjudul “The Merck Manual” untuk mengeringkan telinga setelah berenang, anda dapat mencampurkan larutan alkohol gosok dengan cuka cuka putih sebesar perbandingan yang sama. Setelah itu, letakan dua tetes cairan di kedua telinga anda.

4. Lakukan Pemeriksaan ke Dokter

Dengan anda melakukan pemeriksaan ke dokter, tentunya dokter akan melihat langsung kondisi telinga anda menggunakan alat khusus.

Tidak hanya itu saja, dokter juga akan memberikan obat sakit telinga berdenyut sebelah kanan dengan menggunakan salep ataupun antibiotik tetes.

5. Kompres Telinga

Pengobatan terakhir yang bisa dilakukan adalah mengompres telinga. Cara ini terbilang sangat mudah dan praktis sebab anda dapat melakukannya di rumah. Anda dapat memilih mengompres telinga menggunakan air hangat ataupun dingin dengan waktu 10-20 menit.

Manfaat yang bisa anda dapatkan yakni merilekskan otot-otot sekitar dan peredaran darah di sekitar telinga anda akan lebih lancar.

Penutup

Nah, itu lah beberapa cara mengobati telinga sakit sebelah kanan yang bisa anda lakukan. Mudah dan praktis, bukan? Tentunya cara ini juga terbilang sangat ampuh dan aman untuk dilakukan semua kalangan.