Berikut 6 Cara Mengobati Telinga Berair yang Paling Efektif

Cara mengobati telinga berair merupakan pengetahuan yang banyak dicari. Pencarian terkait hal ini bisa dibilang sebagai sesuatu yang wajar. Itu karena, telinga berair sendiri merupakan suatu masalah yang terasa begitu tidak nyaman.

Ada banyak hal yang menyebabkan telinga menjadi berair. Salah satu penyebab paling umum adalah infeksi. Biasanya muncul infeksi pada telinga tengah. Dalam dunia medis, masalah ini sering disebut dengan otitis media.

Infeksi sendiri tidak hanya disebabkan oleh bakteri. Dalam beberapa kesempatan, sering juga ada virus yang masuk dan menyebabkan masalah serupa. Untuk Anda yang belum mengetahui, telinga tengah adalah posisi yang sangat vital.

Lokasinya sendiri berada di belakang gendang telinga. Oleh karena itu, sangat mungkin masalah ini semakin membesar jika dibiarkan. Agar masalahnya tidak sampai membesar, pastikan Anda mengetahui cara mengobati telinga berair.

Sebenarnya ada juga masalah telinga berair yang disebabkan oleh cedera pada gendang telinga. Cedera ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Tetapi untuk penyebab paling umum, sering kali penyebab tersebut disebabkan oleh penggunaan cotton bad.

Itu karena, penggunaan cotton bad yang terlalu sering dan dalam bisa membuat gendang telinga mengalami masalah. Perlu diketahui, masalah telinga berair sendiri bisa diselesaikan dengan beberapa cara.

Berikut Cara Mengobati Telinga Berair

Jika Anda belum mengetahui cara mengobati telinga yang berair, ini adalah tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini, akan dirincikan lebih jauh mengenai beberapa cara yang terbukti efektif. Cara ini sendiri memang terbukti efektif.

Itu karena, ada banyak orang yang mencobanya dan hasil yang didapat ternyata sesuai harapan. Oleh karena itu, berikut beberapa cara tersebut.

1. Upaya Pembersihan Telinga

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah telinga berair berkaitan dengan upaya pembersihan telinga. Biasanya, seseorang akan reflek untuk membersihkan telinga sendiri ketika melihat ada air keluar.

Perlu diketahui, hal tersebut sebenarnya merupakan kesalahan. Jangan melakukan pembersihan telinga bagian dalam menggunakan kapas atau benda lain. Itu karena, hal tersebut bisa menyebabkan masalah telinga berair menjadi semakin parah.

2. Bersihkan Bagian Luar

Cara mengobati telinga berair berikutnya masih berkaitan dengan upaya pembersihan telinga itu sendiri. Sebenarnya membersihkan telinga masih diperbolehkan. Hanya saja, pastikan pembersihan tersebut hanya dilakukan pada telinga bagian luar.

Pembersihannya sendiri harus dilakukan dengan bahan yang lembut. Jangan sampai menggunakan bahan kasar dan malah menyebabkan masalah lain pada telinga. Salah satu opsi paling tepat adalah membersihkan menggunakan handuk.

3. Kain Kasa

Upaya selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada telinga berkaitan dengan penggunaan kain kasa.  Biasanya kain kasa ini sering dimasukkan ke telinga supaya cairan yang keluar bisa terserap.

Perlu diketahui, cara tersebut tidak berefek apapun. Bahkan sangat mungkin kain kasa tersebut tertinggal di dalam sehingga menimbulkan masalah lain. Oleh karena itu, jauh lebih tepat apabila penggunaan kain kasa ini dihindari dengan baik.

4. Jaga Kebersihan

Dalam cara mengobati telinga berair, penting juga untuk memastikan kalau kebersihan telinga harus dijaga. Perlu diketahui, kebersihan telinga ini terkadang menjadi masalah. Itu karena, telinga yang kotor bisa menimbulkan berbagai masalah lain.

Bahkan bukan tidak mungkin akan terjadi infeksi sehingga masalah yang muncul bukan hanya telinga berair. Dalam menjaga kebersihan, pastikan juga untuk menjaga telinga supaya tetap kering. Ini perlu dilakukan terutama setelah mandi.

5. Konsultasi

Untuk mengatasi masalah pada telinga, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berkonsultasi. Tentu konsultasi ini perlu dilakukan pada ahli. Pergilah ke dokter dan mintalah untuk mendapat pengecekan kondisi telinga.

Darisana, Anda pasti mendapatkan informasi mengenai penyebab munculnya masalah pada telinga. Nantinya ini membuat setiap upaya yang dilakukan menjadi lebih efektif. Lagipula, tidak mungkin dokter memberikan informasi secara asal.

6. Obat

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting dalam cara mengobati telinga yang berair adalah obat. Perlu diketahui, penggunaan obat secara asal tidak direkomendasikan. Itu karena, obat tersebut malah akan menyebabkan masalah semakin besar.

Dalam penggunaan obat, jauh lebih tepat jika mengonsumsi yang termasuk ke dalam resep dokter. Nantinya hal tersebut akan membuat obat tersebut memberikan efek positif secara maksimal.

Pastikan untuk serius ketika mengatasi telinga berair. Jangan sampai mengatasinya secara asal sehingga hasil yang didapat tidak maksimal. Daripada bingung, jalankan saja cara mengobati telinga berair di atas.