Salah satu penyakit menular seksual yang berbahaya adalah sipilis. Biasanya, pengobatan dan pencegahan untuk penderita yang terinfeksi penyakit sipilis adalah dengan antibiotik. Meski begitu, Anda perlu mengetahui beberapa cara mengobati sipilis secara alami.

Penyakit sipilis atau biasa disebut dengan penyakit raja singa ini memang efektif dengan pemberian antibiotik sesuai resep dokter. Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang mengandalkan obat herbal sebagai metode pengobatan mereka yang ternyata sama efektifnya.

Kenali Tanda-tanda Gejala Awal Sipilis

Sipilis memiliki risiko kematian yang cukup tinggi apabila tidak mendapatkan perawatan dengan baik. Penyakit ini terjadi disebabkan karena penderita terinfeksi bakteri Treponema pallidum. Sebelum mengambil tindakan, perlu Anda ketahui gejala awal dan penyebabnya.

Gejala dari sipilis yang paling sering terjadi adalah munculnya luka di sekitar kelamin, dubur, dan mulut yang tidak terasa sakit. Segeralah pergi ke dokter setelah melihat ciri-ciri seperti ini.

Oleh karena penyakit raja singa merupakan penyakit menular seksual, Anda harus segera diberikan penanganan yang tepat. Orang lain dapat tertular apabila bersentuhan langsung dengan area luka di tubuh Anda.

Cara Mengobati Sipilis Secara Alami

Ketika Anda berkonsultasi ke dokter, beberapa resep obat akan diberikan untuk menangani gejala dan penyakit sipilis, salah satunya adalah antibiotik. Selagi dalam masa pengobatan dengan antibiotik, ada beberapa tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat herbal Anda :

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang terkenal dengan khasiatnya yang cukup ampuh. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan sukulen yang mengandung zat gelatin di dalam daun berdaging tebalnya yang biasa disebut dengan gel.

Pemanfaatan lidah buaya sebagai cara mengobati sipilis secara alami sudah pernah dilakukan sejak zaman Mesir Kuno, di mana masyarakatnya akan menyimpan tumbuhan ini sebagai obat sipilis alami.

Di dalam daun tebal lidah buaya, terdapat banyak kandungan senyawa aktif, seperti asam amino dan phytonutrisi yang baik untuk mengobati penyakit seksual menular seperti sipilis. Selain itu, terdapat kandungan-kandungan nutrisi lainnya, yaitu mineral dan vitamin.

2. Daun Sirih

Siapa yang tidak mengenal daun satu ini? Daun sirih merupakan tanaman merambat yang cukup populer dan banyak ditemukan di Indonesia. Daun ini memang banyak dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Kandungan-kandungan di dalam daun sirih adalah kavikol, minyak atsiri, propen fenil, chavibetol, hidroksi bivol, dan masih banyak lagi. Cara pengaplikasiannya adalah dengan meminum air rebusan daun sirih secara rutin.

3. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai obat herbal yang dapat menangani masalah hipertensi, batuk, dan asam urat. Tidak disangka-sangka bahwa bumbu masakan berwarna putih ini juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit raja singa.

Kandungan nutrisi di dalamnya adalah piridoksin, vitamin C, mineral, besi, kalsium, dan mangan. Dengan kaya akan nutrisi baik, bawang putih sudah dijadikan sebagai ramuan herbal sejak zaman dahulu, terutama untuk penyakit seperti kencing nanah, bronkitis, dan sipilis.

Bawang putih mengandung mineral vitamin yang baik untuk kesehatan dan imun tubuh. Cara mengobati penyakit sipilis secara alami dengan bawang putih adalah cukup dengan meminum air rebusan bawang putih.

Kesimpulan

Itulah dia 3 tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat herbal sipilis. Mengkonsumsi ramuan herbal menjadi hal yang opsional dan harus rutin supaya bisa pulih secepatnya. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi ke dokter Anda sebelum mengambil tindakan.

Cara mengobati sipilis secara alami dengan salah satu ketiga bahan di atas tergolong mudah untuk dibuat, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya. Apabila gejala sipilis masih tetap berlanjut, segeralah untuk pergi ke dokter supaya mendapat penanganan tepat.