3 Cara Mengobati Penyakit Kulit Eksim yang Ampuh

Eksim adalah salah satu jenis penyakit kulit yang memiliki kondisi pecah-pecah, gatal, kasar, lecet dan juga meradang. Jenis penyakit ini bukanlah jenis penyakit yang menular. Lalu, bagaimana cara mengobati penyakit kulit eksim?

Penyebab dari penyakit ini belum diketahui lebih jelasnya. Namun ahli kesehatan telah menyimpulkan bahwa penyakit eksim dapat muncul disebabkan oleh adanya kombinasi faktor lingkungan dan faktor genetik.

Ciri-ciri Penyakit Eksim Secara Umum

Penyakit yang biasanya diidap anak-anak namun terkadang juga dapat menetap hingga penderitanya juga orang dewasa. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang biasanya dirasakan oleh penderitanya.

  • Kulit terasa kering hingga bersisik
  • Terdapat luka berkerak, terbuka, atau berair
  • Terasa gatal
  • Muncul ruam atau adanya kemerahan pada kulit

Penyebab Penyakit Eksim

Selain disebabkan oleh dua faktor di atas, penyakit ini ternyata juga dapat disebabkan jika orang tua memiliki masalah kulit yang sejenis. Berikut adalah beberapa faktor lingkungan yang dapat memicu penyakit eksim.

  • Alergi terhadap debu, tungau, serbuk sari atau hewan peliharaan
  • Memiliki keringat yang berlebihan
  • Terjadinya stress
  • Iritan terhadap detergen, desinfektan, alergi sabun, sampo, atau juga terhadap produk perawatan tubuh
  • Terkena mikroba, seperti bakteri Staphylococcus aureus, jamur, dan juga virus
  • Terjadinya perubahan hormon, seperti pada siklus menstruasi atau ketika hamil
  • Alergi terhadap makanan tertentu, seperti kacang, produk susu, gandum, telur.
  • Adanya perubahan cuaca yang sangat dingin atau panas

3 Cara Mengobati Penyakit Kulit Eksim

eksim kulit adalah suatu kondisi dimana adanya bercak kulit yang meradang, pecah-pecah, gatal, dan juga terasa kasar. apabila eksim digaruk bisa menyebabkan kulit menjadi lecet. Berikut adalah cara mengobati penyakit kulit eksim dengan mudah.

1. Rajin menggunakan lotion

Eksim dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh sebab itu untuk mencegahnya Anda dapat menggunakan lotion yang dapat melembabkan kulit Anda. Gunakanlah lotion untuk selama dua kali sehari, yaitu pada pagi atau sore hari setelah membersihkan diri.

Anda dapat menggunakan lotion yang sesuai dengan aroma yang Anda sukai. Namun, alangkah baiknya untuk menghindari lotion yang beraroma semerbak atau lotion yang banyak mengandung bahan yang bisa menyebabkan iritasi di kulit.

2. Mengganti detergen

Cara mengobati penyakit kulit eksim yang kedua adalah dengan mengganti detergen yang Anda gunakan sehari-hari. Detergen merupakan salah satu faktor penting yang dapat menyebabkan kondisi eksim menjadi semakin parah.

Untuk mengatasi Anda dapat menggunakan detergen yang mengandung pelembut pakaian jenis cair. Hal ini sangat berguna untuk menghindari iritasi pada kulit Anda. selain itu jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jenis kulit Anda untuk menghindari iritasi.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Bekas Eksim

3. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa yang banyak mengandung asam lemak yang sehat. Sehingga dapat meningkatkan kelembaban pada kulit. Sehingga kulit Anda yang kering dan gatal yang diakibatkan oleh eksim dapat teratasi.

Oleh sebab itu Anda dapat mengolesi minyak kelapa murni secara langsung ke kulit Anda sebelum tidur atau sesudah mandi, selama beberapa kali sehari. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap kelapa alangkah baiknya untuk tidak menggunakan cara yang ini.

Tiga cara mengobati penyakit kulit eksim di atas dapat Anda praktekkan di rumah. Rutinlah mengobati agar penyakit eksim yang Anda derita cepat sembuh dan tetap jaga kesehatan. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan membantu ya!