Jerawat pada wajah tidak hanya berwarna merah saja, melainkan ada yang menyebabkan gatal. Jerawat yang gatal bukanlah jerawat bisul, melainkan tanda kulit sedang mengalami iritasi, kering atau peradangan. Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat yang gatal?

Jika wajah anda terdapat jerawat dan terasa gatal, anda tidak perlu khawatir. Karena cara mengatasi jerawat yang gatal bisa dilakukan dengan mudah meskipun dilakukan dirumah. Simak caranya berikut ini!

1. Gunakan Produk Perawatan dengan Bahan Aktif yang Lembut

Penyebab jerawat yang gatal salah satunya karena kulit yang terlalu kering. Kulit kering biasanya dikarenakan produk krim wajah yang tidak cocok dengan kondisi wajah anda. Sehingga, jika anda mengalami kulit kering sebaiknya ganti produk perawatan kulit anda.

Sebagian besar produk perawatan untuk kulit berjerawat mengandung bahan aktif yang memiliki risiko pada kulit. Salah satunya adalah kulit menjadi kering dan iritasi. Sehingga, solusinya adalah carilah produk perawatan yang mengandung bahan aktif yang lembut.

Sehingga, tidak menyebabkan iritasi dan kulit kering. Karena jika kulit anda kering, maka jerawat pada wajah anda akan terasa gatal.

2. Jangan Menyentuh dan Memencet Jerawat

Jika wajah anda sedang berjerawat, sebaiknya hindari tangan anda menyentuh area wajah. Karena, kebersihan tangan harus tetap terjaga terlebih jika kondisi wajah anda sedang berjerawat. Jika jerawat terasa gatal, jangan dipegang atau dipencet.

Dengan menyentuh bagian jerawat atau memencetnya, maka kulit anda akan rusak. Jerawat yang sudah dipencet biasanya akan memecah dan bekasnya akan susah dihilangkan. Jadi, sebaiknya hindari memencet atau menyentuh jerawat anda yah!

3. Melindungi Wajah Dari Paparan Sinar Matahari

Melindungi wajah anda dari paparan sinar matahari bisa menjadi cara mengatasi jerawat yang gatal. Karena, paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi gatal hingga mengelupas. Jika kondisi kulit anda sedang berjerawat, maka hindarilah paparan tersebut.

Perlu Kamu Tahu: Kenali Tipe, Gejala, dan Cara Atasi Jerawat Bisul

4. Menggunakan Pelembab Ringan

Meskipun wajah sedang berjerawat, maka tetap gunakan produk perawatan kulit wajah seperti pelembab.

Namun, dalam memilihnya pilihlah pelembab wajah dengan bahan yang ringan. Salah satu bahan ringan yang baik untuk kulit berjerawat yaitu yang mengandung lidah buaya.

Lidah buaya tidak hanya dipakai untuk merawat kulit kepala atau rambut saja. Tapi bisa juga digunakan untuk produk pelembab bagi kulit yang berjerawat. Kandungan pada lidah buaya dipercaya mampu mengatasi kemerahan, kulit kering inflamasi yang bisa menjadi wajah gatal.

5. Gunakan Yogurt dan Oatmeal

Jika lidah buaya bisa meredakan gatal pada wajah yang berjerawat, maka yogurt dan oatmeal juga bisa. Menggunakan yogurt akan membantu dalam menenangkan gatal karena jerawat yang meradang. Selain yogurt, oatmeal yang bisa menghilangkan pori yang tersumbat.

Caranya, cukup campurkan yogurt dan oatmeal lalu oleskan pada wajah anda yang sedang berjerawat. Diamkan hingga 20 sampai 30 menit hingga terasa sensasi dinginnya. Setelah itu, bersihkan dengan air bersih.

Nah, itulah kelima cara mengatasi jerawat yang gatal yang bisa anda coba. Jerawat pada wajah yang disertai gatal memang membuat anda tidak nyaman. Namun, jerawat yang gatal tentu karena beberapa hal yang menyebabkan rasa gatal itu muncul.

Seperti, paparan sinar matahari, penggunaan obat jerawat atau karena kulit anda yang berkeringat. Jika kondisi gatal pada jerawat anda semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Sehingga, bisa didapatkan pengobatan yang sesuai kondisi anda.