Fungsi mata manusia adalah untuk melihat itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Tidak jarang banyak orang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara mempertajam penglihatan.

Padahal apabila mata sering untuk memandang layar gadget terlalu lama serta membaca dalam kegelapan bisa membuat fungsi mata menjadi menurun. Oleh karena itu Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut agar penglihatan semakin tajam.

Cara Mempertajam Penglihatan

Mempertajam penglihatan sangat penting khususnya bagi Anda yang memang bekerja menggunakan gadget. Jika kesehatan mata tidak terjaga maka fungsinya tentu akan menurun. Jaga kesehatan mata dengan mempertajam penglihatannya.

1. Melindungi Mata dari Asap Rokok

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah melindungi mata agar tidak terkena asap rokok. Asap rokok itu memang berbahaya bagi jantung dan paru-paru tetapi juga berbahaya untuk mata. Ada penyakit yang bisa muncul karena terlalu sering menghirup asap rokok.

Pertama, glaukoma karena merokok sering berkaitan dengan tekanan darah tinggi, diabetes dan katarak sehingga risiko terkena glaukoma juga tinggi. Kedua, degenerasi makula yang lebih rentan menyerang perokok yaitu 3-4 kali lebih tinggi dari non perokok.

2. Memakai Kacamata Saat Berenang

Cara mempertajam penglihatan yang berikutnya adalah ketika berenang bisa menggunakan kacamata. Akan tetapi masih banyak orang yang meremehkan hal ini dan memilih berenang tanpa menggunakan kacamata renang.

Kacamata renang sangat penting untuk kesehatan mata apalagi penggunaannya juga tepat. Kacamata renang berfungsi untuk melindungi mata dari paparan iritasi, bakteri, zat kimia dalam air dan alergen.

Dengan bantuan kacamata renang maka penglihatan akan lebih awas terhadap sekitar. Selain itu kacamata renang juga akan menghalangi benda-benda yang dapat melukai mata. Khususnya jika orang tersebut memiliki gangguan mata minus, mata kering dan mata sensitif.

3. Menggunakan Kacamata Hitam Saat Keluar

Tidak hanya menjaga kesehatan mata saat renang, ketika berada di luar ruangan Anda juga bisa menggunakan kacamata hitam. Kacamata hitam bermanfaat untuk melindungi mata dari terkena sinar UV matahari.

Lebih baik menggunakan kacamata yang telah dilengkapi dengan anti radiasi, oleh karena itu jangan asal-asalan memilih kacamata hitam. Pastikan kacamata hitam itu berkualitas agar tidak sakit jika digunakan.

4. Memijat Mata dengan Lembut

Cara berikutnya agar penglihatan Anda menjadi semakin tajam adalah memijat mata dengan sangat lembut. Caranya adalah dengan menggunakan handuk hangat lalu usapkan ke wajah Anda. Kemudian Anda bisa memijat pada bagian kelopak mata untuk gerakan melingkar.

Pastikan bahwa Anda benar-benar menekan mata dengan gerakan yang ringan. Hal ini sangat bermanfaat untuk merangsang mata Anda.

5. Melakukan Rotasi pada Mata

Cara mempertajam penglihatan yang berikutnya adalah dengan melakukan rotasi mata. Rotasi mata berarti memutar atau menggerakkan bola mata dari satu arah ke arah lainnya. Coba mulai dengan menggerakkan mata ke sudut kanan lalu dialihkan ke arah lainnya.

6. Menggambar Angka 8 dengan Menggunakan Mata

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggambar angka 8 kemudian ikuti bentuk dari angka itu. Hal ini sangat bermanfaat untuk melatih mengendalikan gerakan pada mata Anda.

Ketika hendak menggambar angka 8 maka Anda bisa memulainya dalam posisi duduk. Kemudian pilih satu titik di lantai sekitar 10 kaki dari depan Anda dan fokus pada titik itu. Buatlah angka 8 dengan imajinasi Anda lakukan hal tersebut selama 30 detik.

Penutup

Cara mempertajam penglihatan ternyata bisa dilakukan dengan berbagai cara. Lakukan mana cara yang sekiranya cocok dengan Anda. Lakukan hal tersebut dengan rutin untuk melatih ketajaman mata.