Apa yang Menyebabkan Penyakit Asma? Cari Tahu Disini!

Asma sendiri merupakan penyakit yang kerap diderita oleh masyarakat Indonesia. Asma sendiri adalah penyakit gangguan pernapasan yang tentu sudah tidak asing lagi. Saat ini belum diketahui terkait apa penyebab penyakit asma. Lantas, sebenarnya apa yang menyebabkan penyakit asma?

Sebenarnya terdapat beberapa hal yang diperkiraan menjadi pemicu dari timbulnya gejala asma. Nah, pada artikel ini akan dipaparkan faktor penyebab asma yang perlu Anda ketahui. Penasaran dengan hal-hal apa yang menyebabkan penyakit asma?

Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Sih Asma Itu?

Sebelum membahas terkait apa yang menyebabkan penyakit asma, ada baiknya jika membahas dulu mengenai pengertian penyakit asma.  Asma adalah penyakit yang kerap dijumpai terjadi di masyarakat. 

Asma ini tergolong penyakit dalam tubuh manusia yang menyerang saluran pernapasan. Asma sendiri terjadi apabila otot pada saluran pernapasan mengalami penyempitan kemudian mengencang. 

Asma dalam bahasa Yunani yakni asthma ialah suatu jenis penyakit yang menyerang dalam jangka panjang maupun kronis. Asma ini menyerang saluran pernapasan dimana gejalanya ditandai dengan peradangan maupun penyempitan saluran napas.

Dalam kondisi tersebut, saluran pernapasan mengalami pembengkakan kemudian peradangan. Hal ini memicu produksi lendir dan dahak yang kental secara berlebihan. Akibatnya penderita asma ini akan mengalami kesulitan bernapas. 

Selain itu, seorang penderita asma juga dapat mengalami gejala lainnya seperti nyeri dada, batuk-batuk juga mengi. Penderita asma ini juga bisa mendadak sulit napas apabila bekerja terlalu keras.

Faktor Penyebab Penyakit Asma

Buat Anda yang penasaran dengan apa penyakit asma, sebenarnya terdapat beberapa faktor yang bisa memicu penyakit ini terjadi. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Lingkungan

Faktor pertama yang perlu dicurigai sebagai penyebab asma ialah lingkungan sekitar penderita asma. Apabila Anda berada dalam lingkungan yang buruk seperti lingkungan yang penuh polutan maka hal ini bisa menjadi penyebab penyakit saluran pernapasan.

Ketika saluran pernapasan terhambat polutan dari udara sekitar, maka bisa menyebabkan penyempitan saluran napas yang berakhir sesak napas. Lingkungan ini memang faktor kuat yang menjawab apa yang menyebabkan penyakit asma.

Adapun beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab timbulnya penyakit pernapasan allergen dan paparan zat. Allergen yaitu zat pemicu alergi seperti debu, bulu hewan, tungau, maupun serbuk bunga. Sementara paparan zat bisa berupa asap kimia, asap pembakaran, asap rokok juga polusi udara.

Untuk menjaga diri dari gangguan pernapasan, maka sebaiknya jagalah lingkungan sekitar Anda agar tetap bersih dan sehat. 

2. Kondisi Cuaca

Penyebab lain dari penyakit asma ini juga dapat berupa kondisi cuaca misalnya adanya badai, udara panas, udara dingin, cuaca lembab, cuaca berangin, ataupun perubahan suhu yang drastis. Kondisi semacam itu bisa menjadi pemicu dari asma.

Apa yang menyebabkan penyakit asma selain kondisi cuaca ini? Jadi selain kondisi cuaca, kondisi dari ruangan yang kurang baik misalnya ruangan dalam rumah yang lembab, berdebu, maupun berjamur juga bisa menyebabkan asma.

3. Stress

Stress bukan hanya memberikan dampak pada psikis seseorang. Stress yang dialami seseorang ternyata juga bisa memberikan pengaruh bagi kesehatan. Salah satunya yakni menjadi faktor dan pemicu kambuhnya gejala asma.

4. Emosi Berlebihan

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab dari penyakit asma yakni adanya emosi yang berlebihan dalam diri. Emosi yang dimaksud adalah seperti tertawa hingga terbahak-bahak, marah yang berlebihan, juga rasa sedih yang berlarut-larut.

Emosi yang diekspresikan berlebihan memang tak hanya mempengaruhi psikis dari seseorang, melainkan juga dapat menjadi penyebab penyakit asma.

5. Melakukan Aktivitas Fisik yang Terlalu Berat

Terkait apa yang menyebabkan penyakit asma, ternyata penyakit ini juga bisa disebabkan oleh aktivitas fisik yang cenderung berlebihan. Aktivitas fisik ini seperti olahraga yang terlalu berat atau aktivitas pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga.

Ketika fisik ditempa terlalu keras dan cenderung berlebihan maka bisa menimbulkan efek negatif untuk kesehatan. Sebagai penderita asma, apabila Anda melakukan aktivitas fisik yang berat maka bisa memicu kambuhnya penyakit asma yang Anda derita.

6. Makanan dan Minuman dengan Kandungan Sulfit

Terdapat juga beberapa makanan dan minuman yang memicu kambuhnya asma. Adapun makanan atau minuman tersebut yang mengandung sulfit atau bahan pengawet. Beberapa makanan yang biasanya mengandung sulfit yakni selai, makanan siap saji, makanan olahan, minuman sari buah, udang, minuman beralkohol, dan wine.

Makanan maupun minuman yang disebutkan di atas memang dapat memicu penyakit asma Anda kambuh. Ketika asma Anda kambuh, maka pernapasan Anda akan terganggu dimana biasanya hal ini ditandai dengan rasa sesak ketika bernapas.

7. Penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD)

Penyakit lain juga bisa memicu timbulnya asma, adapun salah satunya yakni penyakit GERD. Penyakit GERD ini adalah peristiwa ketika asam lambung Anda kembali naik menuju kerongkongan yang bisa berdampak pada saluran cerna bagian atas mengalami iritasi.

Faktor Risiko Penderita Asma

Terdapat beberapa faktor dimana bisa meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit asma. Adapun faktor risiko penderita asma adalah sebagai berikut:

  • Jenis kelamin laki-laki yang berumur anak-anak lebih beresiko dibanding perempuan anak-anak. Jenis kelamin perempuan untuk remaja juga dewasa juga lebih beresiko menderita asma.
  • Mempunyai riwayat penyakit asma maupun alergi atopik, contohnya seperti alergi makanan, eksim, ataupun rhinitis alergi pada keluarga dekat;
  • Memiliki berat badan yang berlebih ataupun obesitas;
  • Memiliki riwayat bronkiolitis atau infeksi paru-paru ketika masa kanak-kanak;
  • Ketika lahir mempunyai berat badan yang berada di bawah rentang normal;
  • Ketika lahir berusia kurang dari 9 bulan atau prematur, khususnya juga pernah menggunakan ventilator;
  • Mempunyai kebiasaan merokok, termasuk juga ibu hamil;
  • Mendapatkan paparan asap rokok secara terus menerus ketika masih kecil;
  • Bekerja pada bidang pekerjaan yang beresiko mendapatkan paparan zat kimia. Contohnya seperti petani, penata rambut, maupun pekerja pabrik.

Begini Cara Menyembuhkan Penyakit Asma Secara Alami

Gejala Penyakit Asma

Berikut ini adalah beberapa gejala yang menandai penyakit asma:

1. Kesulitan Bernapas

Gejala paling umum yakni mengalami kesulitan untuk bernapas. Ketika hal ini terjadi, maka penderita penyakit asma akan sesak napas hingga bisa menyebabkan penderita asma megap-megap. Bahkan bisa timbul juga bunyi ngik-ngik ketika bernapas.

Napas penderita asma ini bahkan hanya setengah-setengah saja atau tidak utuh. Akibatnya, penderita asma bisa menjadi terganggu saat beraktivitas.

2. Lelah, Lesu, Lunglai

Penderita asma juga bisa mengalami rasa lelah maupun lesu walaupun hanya melakukan aktivitas yang terbilang sederhana. Lelah dan lesu ini disebabkan karena oksigen yang ada di dalam tubuh berkurang. 

3. Menghilangnya Suara

Gejala penyakit asma selanjutnya yakni suara penderita asma mendadak hilang. Biasanya penderita penyakit asma yang parah akan kehilangan suara karena batuk secara terus menerus dalam rentang waktu yang panjang.Itulah penjelasan mengenai apa yang menyebabkan penyakit asma. Semoga penjelasan terkait apa yang menyebabkan penyakit asma sekaligus faktor risiko penderita asma bisa bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!