Apa Itu Panca Indra? Mari Mengenal 5 Alat Indra Manusia

Apa itu panca indra? Panca indra merupakan lima bagian tubuh manusia yang membantu manusia untuk mengenali sesuatu. Panca indra selalu digunakan dalam kegiatan sehari-hari manusia. Maka dari itu, penting untuk mempelajari materi panca indera dengan baik.

Jadi, apa itu panca indra? Panca indra itu ada berapa? Berikut penjelasan lebih lengkapnya!

Asal-Usul Apa Itu Panca Indra

Pernah menerima pertanyaan terkait jelaskan apa yang dimaksud dengan panca indra?

Ditilik dari asal-usul katanya, apa itu panca indra memiliki makna lima alat pada tubuh manusia yang dapat digunakan untuk merasakan, mencium bau, mendengar, melihat, meraba, dan merasakan sesuatu (mengecap) secara naluriah dan intuitif.

Panca berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti lima (5). Indra sendiri berasal dari bahasa Indonesia (merujuk pada KBBI V). Indra adalah alat yang membantu tubuh menerima informasi berupa suara, bau, rasa, tekstur, dan suhu yang dirasakan secara naluriah.

Panca Indra termasuk bagian dari materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dasar. 5 panca indera apa saja dan materi panca indera lainnya biasanya diajarkan untuk anak usia TK hingga SD.

Panca Indra membantu manusia untuk lebih mengenali kemampuan yang ada pada dirinya sendiri. Panca Indra juga membantu manusia untuk beradaptasi, berkegiatan, dan melakukan pekerjaan dengan baik.

Itulah penjelasan dasar mengenai apa itu panca indra yang ada pada tubuh manusia.

Kelima Panca Indra

Panca indra itu ada berapa? Ada banyak teori dari para ahli yang beredar mengenai apa itu panca indra dan berapa jumlah indra yang sebenarnya dimiliki oleh manusia.

Ada teori yang mengatakan bahwa indra manusia ada 6, 7 indra manusia, bahkan ada yang menyebutkan bahwa indra manusia ada 10, lho!

Semua itu sah-sah saja, karena pengertian panca indera menurut para ahli pasti telah melakukan dan melalui penelitian terlebih dahulu mengenai apa itu panca indra dan berapa jumlahnya, sebelum mencetuskan teorinya terkait materi panca indera manusia.

Pada dasarnya, indra utama manusia itu ada lima. Itulah mengapa disebut dengan panca indra (lima alat indra). Berikut 5 panca indera apa saja yang dimiliki oleh manusia.

1. Mata

Mari coba bersama jelaskan apa yang dimaksud dengan panca indra mata. Indra yang pertama adalah mata. Mata sebagai indra penglihatan, membantu manusia untuk mengobservasi benda atau sesuatu secara visual.

Manusia dianugerahi dengan dua bola mata, dengan warna retina yang berbeda-beda dan memiliki keunikannya sendiri.

Mata manusia mampu membedakan warna, dan retinanya bisa berubah ukuran menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk ke mata. Mata dilindungi oleh kelopak mata, yang membantu membasahi bola mata agar tidak kering.

Ada juga bulu mata yang melindungi bola mata dari debu dan kotoran. Alis pun juga berfungsi sebagai pelindung mata dari keringat yang mengucur melalui dahi.

2. Hidung

Selanjutnya, ada panca indra dan fungsinya sebagai penciuman yakni hidung. Manusia dianugerahi hidung yang memiliki tulang lunak dan tulang keras, serta bentuk hidung yang berbeda-beda sesuai dengan ras manusia tersebut.

Hidung mampu mencium dan mengenali berbagai jenis bau. Hidung juga membantu manusia bernapas, yang mana merupakan jalan masuk oksigen dan tempat keluarnya karbondioksida dari tubuh manusia tersebut.

Di dalam hidung terdapat bulu-bulu halus yang membantu hidung untuk menyaring oksigen yang masuk, dari kotoran dan debu yang berterbangan. Sehingga oksigen yang masuk ke dalam tubuh tetap bersih dan tubuh menjadi sehat.

3. Telinga

Telinga merupakan indra tubuh manusia yang berguna untuk mendengar dan mengenali suara. Manusia dianugerahi dengan dua lubang dan daun telinga. Pada daun telinga terdapat tulang lunak yang membuat telinga dapat tegak, namun juga dapat ditekuk.

Di dalam telinga juga terdapat bulu-bulu halus yang melindungi lubang telinga. Jadi, jangan lupa untuk rajin membersihkan lubang telinga anda, ya. Bersihkanlah dengan cara-cara yang benar dan tidak membahayakan telinga itu sendiri.

4. Lidah

Pengecapan indra adalah alat pada tubuh yang membantu manusia untuk membedakan berbagai rasa makanan, yakni lidah. Mengapa bukan bibir atau mulut? Karena yang bertugas untuk membedakan rasa adalah lidah, sedangkan bibir adalah bagian dari mulut.

Mulut itu sendiri berguna sebagai tempat masuknya makanan ke dalam tubuh kita. Walaupun lidah dapat kita gerakan dengan leluasa, namun ternyata lidah juga memiliki tulang, lho.

Apa lagi ya, fungsi lidah bagi manusia? Baca terus artikel ini mengenai apa itu panca indra hingga akhir, ya!

5. Kulit

Salah satu indra adalah kulit, sebagai indra peraba. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa indra peraba adalah tangan, namun sebenarnya kulitlah yang berperan membedakan tekstur atas suatu benda.

Sensor dan saraf pada kulit yang membantu manusia agar mampu untuk meraba. Kulit mampu mendeteksi dan membedakan suhu panas dan suhu dingin.

Dulu, pada saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar, kita sering mendapatkan pertanyaan, seperti sebutkan 5 alat indra pada manusia dan apa fungsinya.

Nah setelah mengetahui apa itu panca indra, selanjutnya mari kita bahas lebih lanjut mengenai panca indra dan fungsinya, serta struktur pembentuk masing-masing indra pada tubuh manusia.

Struktur dan Fungsi Mata

Mata sebagai panca indra dan fungsinya terdiri dari 7 struktur, yakni Sklera, Koroid, Retina, Lensa mata, Iris, Pupil, Makula, dan Kornea. Ketujuhnya memiliki fungsinya masing-masing, dalam membantu manusia mengenali objek secara visual.

Inilah penjelasan struktur bagian mata sebagai sistem indera adalah sebagai berikut.

1. Sklera

Sklera merupakan bagian mata yang berwarna putih, yang menyelimuti seluruh bagian bola mata kecuali retina. Sklera tersusun atas jaringan serat berwarna putih yang kuat. Sklera tidak dapat ditembus oleh cahaya.

2. Koroid

Koroid adalah bagian struktur mata yang terletak di tengah dan berisi pembuluh darah. Koroid inilah jalan yang membantu mata agar ternutrisi dengan baik, juga sebagai tempat jalannya oksigen ke bagian bola mata.

Koroid berwarna gelap, guna melindungi mata dari cahaya yang berlebihan.

3. Retina

Retina merupakan bagian lapisan mata yang sangat peka terhadap rangsangan cahaya. Serat-serat optik retina yang menghubungkan mata dengan otak, sehingga otak dapat memproses informasi yang diterima dan dilihat oleh mata.

4. Lensa Mata

Struktur mata yang selanjutnya adalah Lensa mata, yang berguna untuk memusatkan cahaya dan objek pada retina. Lensa terletak di belakang organ iris dan pupil pada mata. Lensa mata memiliki jaringan yang lentur dan transparan.

5. Iris dan Pupil

Iris merupakan bagian mata berupa selaput bola mata yang terletak pada bagian kornea. Pupil merupakan bagian mata yang dapat membesar dan mengecil, atau tertutup dan terbuka saat menerima rangsangan dari cahaya.

Iris dan pupil bekerja bersama, serta saling berkaitan. Keduanya saling bekerja sama menyesuaikan cahaya yang diterima oleh mata agar dapat dilihat dengan jelas. Tidak membuat mata terasa sakit atau silau.

6. Makula

Makula adalah bagian tengah mata yang membantu membuat tampilan visual informasi yang diterima oleh mata menjadi lebih jelas. Makula membantu fokus mata dalam mengamati dan melihat suatu objek.

7. Kornea

Kornea merupakan salah satu bagian penting pada indra mata manusia. Kornea adalah bagian mata yang berbentuk jaringan seperti kubah namun transparan. Kornea merupakan “pintu masuk” bagi cahaya menuju inti mata.

Struktur dan Fungsi Hidung

Hidung sebagai sistem indera adalah alat penciuman yang juga merupakan alat pernapasan manusia. Hidung juga mampu menyaring udara yang masuk melalui rongga hidung, serta memiliki selaput lendir yang berfungsi untuk melembabkan rongga hidung.

Berikut apa itu panca indra hidung beserta struktur dan fungsinya yang dibagi menjadi dua bagian, yakni rongga dalam dan rongga atas hidung.

1. Rongga Bagian Dalam Hidung

Pada rongga bagian dalam hidung, terdapat sekat yang memisahkan antara rongga lobang hidung kanan dan kiri.

Pada bagian inilah “pintu masuk” udara berupa oksigen menuju rongga atas, yang kemudian dibawa menuju paru-paru untuk nantinya diedarkan keseluruh tubuh.

2. Rongga Bagian Atas Hidung

Selanjutnya ada rongga bagian atas hidung, yang memiliki fungsi utama untuk membedakan bau. Singkatnya, bau akan masuk dari rongga dalam hidung, menuju rongga atas hidung dan diterima oleh reseptor lendir yang berfungsi untuk menerima dan membedakan bau.

Dari sinilah, bau-bau yang diterima oleh hidung informasinya dibawa dan direspon oleh otak untuk diingat.

Struktur dan Fungsi Telinga

Berbeda dengan alat indra manusia yang lainnya, telinga terdiri dari 3 struktur bagian, yakni bagian luar, tengah, dan dalam telinga. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai apa itu panca indra telinga sebagai pendengar beserta struktur dan fungsinya.

1. Bagian Luar Telinga

Struktur bagian luar telinga berfungsi sebagai tempat telinga menerima suara dari sumber suara. Bagian luar telinga juga berfungsi sebagai “pintu masuk” suara menuju struktur bagian tengah dan dalam indra telinga.

Terdapat dua organ telinga pada bagian luar, yakni Aurikel dan Liang Telinga. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, namun tetap saling berkaitan.

Aurikel merupakan organ telinga yang berfungsi untuk menerima dan merespon suara, bunyi-bunyian, atau getaran yang diterima oleh telinga. Selanjutnya, Liang Telinga berfungsi sebagai penghubung antara bagian luar telinga dengan membrana timpani.

Liang Telinga juga berfungsi untuk menyampaikan suara atau bunyi yang diterima oleh Aurikel ke bagian dalam telinga, untuk kemudian diterima dan diproses oleh otak.

2. Bagian Tengah Telinga

Struktur bagian tengah telinga berfungsi untuk menghubungkan antara bagian luar dan bagian dalam telinga. Di bagian tengah telinga terdapat bilik kecil, dan organ saluran Eustachio.

Bagian inilah yang membantu melanjutkan suara, bunyi, atau getaran yang diterima bagian luar telinga menuju bagian dalam telinga.

Getaran, bunyi, dan suara yang diterima oleh telinga dihubungkan dengan faring reseptor, dan tiga tulang pendengaran lainnya. Yakni tulang martil (Maleus), tulang landasan (Inklus), dan tulang sanggurdi (Stapes). Pengikat tulang pendengaran tersebut adalah ligamentum.

3. Bagian Dalam Telinga

Struktur bagian inti atau dalam telinga tersusun atas labirin tulang dan labirin membran. Bagian dalam telinga inilah yang mampu membaca dan mengenali informasi suara, bunyi, dan getaran dari lingkungan sekitar.

Bagian dalam telinga ini menuju ke otak, untuk menyimpan informasi yang diterima tersebut. Labirin membran terdiri atas saluran setengah lingkaran, ampula, utrikulus, sakulus, dan koklea atau yang biasa disebut dengan rumah siput.

Struktur dan Fungsi Lidah

5 panca indera apa saja? Salah satunya adalah lidah sebagai panca indra dan fungsinya, tidak hanya sebagai indra pengecap rasa, namun juga berfungsi sebagai pembolak-balik makanan ketika mengunyah dan mengkonsumsi makanan.

Selain itu, lidah juga berfungsi sebagai pelafal beberapa huruf. Membuat huruf lebih mudah didengar dan diucapkan.

Lidah merupakan reseptor, itulah mengapa lidah dimasukan dalam kelompok bagian apa itu panca indra tubuh manusia.

Lidah sebagai reseptor yang di atasnya terdapat lapisan epitelium. Pada lapisan ini terdapat kelenjar lendir dan tunas pengecap.

Umumnya, pada struktur lidah terdapat hingga 10.000 tunas pengecap. Keren sekali, bukan?

Tunas pengecap inilah yang kemudian terbagi menjadi beberapa kelompok sel sensorik yang dapat membedakan rasa setiap makanan ataupun benda lainnya yang masuk ke dalam mulut.

Struktur dan Fungsi Kulit

Apa itu panca indra kulit sebagai peraba? Selain untuk meraba dan mengenali kondisi suhu sekitar, kulit juga memiliki fungsi penting lainnya.

Kulit berfungsi sebagai tempat keluarnya keringat dari dalam tubuh. Keringat membantu badan agar suhu tubuh stabil. Jika suhu tubuh panas, maka keringat akan keluar agar suhu badan normal dan tidak menjadi kepanasan.

Kulit juga sebagai tempat masuknya vitamin D yang berasal dari sinar matahari. Inilah fungsi dan struktur pembentuk kulit sistem indera adalah sebagai berikut.

1. Epidermis

Epidermis merupakan bagian terluar dari indra kulit manusia. Epidermis terbentuk atas lapisan Korneum dan Malpighi.

Lapisan Korneum bisa mati (yang kemudian disebut dengan kulit mati, atau daki), kemudian digantikan dengan sel-sel lapisan Korneum yang baru.

Sedangkan Lapisan Malpighi terdiri dari lapisan Spinosum dan Germinativum. Pada lapisan Malpighi inilah terdapat Melanin, yang dapat membuat warna pada kulit. Warna kulit manusia menjadi berbeda-beda karena kandungan melaninnya juga bisa berbeda-beda.

2. Dermis

Selanjutnya, di bawah Epidermis ada lapisan Dermis. Lapisan Dermis terletak di bagian tengah struktur kulit tubuh manusia. Di bagian Dermis ini terdapat pembuluh darah, ujung saraf, akar rambut (bulu halus pada kulit), kelenjar keringat, dan kelenjar minyak.

Pembuluh darah berfungsi untuk mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Pembuluh darah juga membawa oksigen yang penting bagi kesehatan tubuh.

Ujung saraf berguna untuk menerima sensor dari perabaan atau luar kulit. Mampu membedakan tekstur dan suhu suatu benda.

Akar rambut, tempat bulu pada kulit tumbuh. Bulu-bulu kulit membantu melindungi kulit dari suhu dingin.

Kelenjar keringat berfungsi sebagai tempat diproduksinya keringat, sebagai tanda bahwa tubuh sedang kepanasan. Sedangkan kelenjar minyak berguna untuk melembabkan kulit agar tetap terhidrasi, contohnya di kulit kepala sering memproduksi minyak.

3. Hipodermis

Lapisan paling dalam dari struktur kulit adalah Hipodermis yang terletak di bawah Dermis. Di bagian Hipodermis inilah terdapat lemak, yang berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan bagi tubuh.

Lemak juga berfungsi untuk menahan suhu panas, dan pelindung tubuh dari benturan.

Sekian pembahasan mengenai apa itu panca indra, fungsi 5 panca indera apa saja, dan struktur bagiannya.

Jagalah selalu setiap panca indra dan fungsinya yang ada di tubuh kita, agar selalu sehat dan dapat bekerja dengan optimal untuk membantu kegiatan sehari-hari kita semua.

Semoga sekarang anda sudah bisa menjawab dan sebutkan 5 alat indra pada manusia dan apa fungsinya, ya! Mari mengenal lebih dalam apa itu panca indra pada tubuh kita. Semoga materi panca indera pada artikel kali ini bermanfaat bagi semua!