Mengenal Apa Itu Kutil Kelamin serta Metode Pengobatannya

Apa itu kutil kelamin? Apa penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengobatinya? Istilah penyakit satu ini sudah tidak asing di telinga, tapi masih banyak yang belum mengetahui sebenarnya disebabkan oleh apa.

Sangat penting memahami penyebabnya mengingat penyakit satu ini bersifat menular. Penyakit ini bisa ditularkan lewat aktivitas seksual, termasuk seks vaginal, anal (melalui anus) serta oral (melalui mulut).

Supaya lebih paham tentang kutil kelamin, mulai dari penyebab, gejala dan cara mengobatinya, simak pada pembahasan berikut. Selain itu, akan dibahas juga mengenai beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan.

Mengenal Apa Itu Kutil Kelamin dan Penyebabnya

Pertanyaannya, apa itu penyakit kutil kelamin? Jawabannya adalah sebuah penyakit yang terjadi pada kelamin, ditandani dengan benjolan kecil lembut pada area kelamin. Penyebab utama yang menjadi penyebab timbulnya penyakit ini yaitu infeksi HPV atau human papillomavirus.

Terdapat lebih dari 200 jenis virus HPV dapat menginfeksi tubuh manusia. Secara umum, jenis virus ini bisa mengakibatkan seluruh jenis kutil pada bagian wajah, jari-jari serta tangan. Bahkan beberapa diantaranya bisa menimbulkan permasalahan kesehatan yang serius.

Salah satunya yaitu menyebabkan terjadinya kanker serviks. Tapi, virus HPV pada kanker serviks berbeda dengan yang terdapat pada kutil kelamin. Varian yang paling sering menyebabkan penyakit satu ini yaitu tipe 6 dan 11.

Penyakit satu ini bisa menyerang bukan hanya laki-laki, tapi juga perempuan. Tapi, perempuan lebih rentan terkena paparan virus HPV genital ini. Penyakit ini pertumbuhannya sangat lembut dan pada tahapan awalnya tidak mampu dideteksi secara kasat mata.

Kemudian semakin lama akan muncul dengan sendirinya hingga terlihat oleh mata. Secara umum bentuk kutil pada kelamin ini berupa tonjolan dengan warna abu-abu atau senada kulit. Mengenai jumlah yang muncul serta ukurannya bervariasi.

Ada beberapa faktor risiko seseorang terkena apa itu kutil kelamin. Salah satunya tertular oleh penderitanya lewat kontak seksual. Faktor lainnya, dialami oleh seseorang dengan usia 17 hingga 33 tahun yang mempunyai status seksual aktif.

Apalagi bila melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman kondom. Tapi, penting dipahami bahwa penggunaan kondom ini tidak bisa menjamin secara penuh bisa melindungi seseorang tertular virus HPV.

Risiko terkena penyakit ini semakin meningkat bila seseorang pernah mengalami infeksi menular seksual jenis lain atau mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti HIV.

Beberapa Gejala Kutil Kelamin yang Penting Diketahui

Salah satu gejala yang ditimbulkan oleh penyakit satu ini yaitu adanya tonjolan kulit dengan bagian permukaan cenderung kasar. Pada situasi tertentu, penyakit ini ada yang disertai dengan rasa nyeri, gatal serta menimbulkan sensasi terbakar.

Bila kutil tumbuh pada bagian liang vagina, bisa mengakibatkan keputihan serta pendarahan. Pada laki-laki, penyakit ini bisa tumbuh pada bagian ujung atau batang penis, anus dan skrotum.

Sedangkan pada perempuan, bisa tumbuh pada dinding vagina, vulva, saluran anus, leher rahim dan area antara alat kelamin bagian luar serta anus. Ukurannya bisa sangat kecil dan datar yang membuatnya tidak tampak.

Tapi, pada kondisi seseorang yang mengalami gangguan imunitas, apa itu kutil kelamin bisa berkembang menjadi berjumlah lebih banyak dan menyebar menuju area sekitarnya. Walaupun ukurannya beragam, biasanya kurang dari 1 mm atau beberapa cm.

Berbagai Metode Pengobatan Kutil Kelamin yang Bisa Dilakukan

Ada berbagai metode pengobatan kutil kelamin yang bisa dilakukan, tapi dari semua cara tidak ada jaminan benar-benar menghilangkan atau mencegahnya kembali lagi. Sebab, infeksi virus HPV tidak bisa sepenuhnya disembuhkan.

Pada beberapa situasi, penyakit ini akan menghilang sendiri tanpa pengobatan. Tapi, tidak menjamin tidak akan tumbuh lagi. Metode pengobatan berikut diperlukan saat penderita mengalami ketidaknyamanan, nyeri, gatal, terbakar dan mengurangi penyebaran virusnya:

1. Pengobatan Laser

Metode pengobatan laser bisa menjadi opsi bila kutil secara terus-menerus muncul dan tumbuh. Biasanya, sebelum proses pelaseran, dokter akan memberikan krim khusus mati rasa yang berfungsi sebagai pengurang rasa tidak nyaman.

Ada dua jenis laser yang bisa digunakan untuk mengobati apa itu kutil kelamin, yaitu pulsed dye dan karbon dioksida. Pada laser pulsed dye, cahayanya akan berperan dalam memanaskan darah pada pembuluh kecil dalam kutil dan menghancurkannya.

Salah satu kelemahan laser pulsed dye yaitu kemungkinan meninggalkan bekas luka. Kelemahan lainnya, ketika laser mengenai kulit, akan mengirimkan kotoran kecil yang kemungkinan menyebarkan virus, jamur atau bakteri.

Jenis kedua adalah laser karbon dioksida, di mana cahayanya sama efektif dengan pisau operasi. Tata caranya, laser akan dipakai untuk memotong bagian atas kutil. Setelah itu, dokter membuat cahaya kura fokus dan sisa penyakit seluruhnya dibakar habis.

2. Electrodesiccation

Melalui pengobatan electrodesiccation, kutil pada kelamin akan dihancurkan memakai arus listrik. Sebelum proses pengobatan, dokter akan memberikan terlebih dahulu bius lokal. Gumpalan asam dari metode pengobatan ini bisa mengakibatkan infeksi.

3. Krioterapi

Apa itu kutil kelamin bisa diobati dengan cara kriptoterapi. Pada metode pengobatan ini, kutil kelamin akan dibekukan menggunakan cyroprobe atau nitrogen cair. Efek sampingnya minim dan tingkat responsnya tinggi.

4. Mengonsumsi Obat

Penyakit ini bisa obati dengan mengonsumsi produk obat tertentu. Beberapa produk dimaksud yaitu trichloroacetic acid, podofilox, bichloroacetic acid, imiquimod, interferon alpha-n3 serta 5-flourouracil. Jenis obat ini bisa dikonsumsi sesuai resep dokter.

5. Pembedahan

Metode pengobatan terakhir yaitu melakukan pembedahan, mencakup pemotongan bagian kutil. Tindakan pembedahan disarankan bagi penderita yang memiliki kutil berukuran kecil dan hanya berjumlah sedikit.

Melakukan pembedahan memang cukup efektif untuk mengobati. Tapi, penting diingat walaupun sudah dipotong, tidak ada jaminan bahwa di kemudian hari kutil tidak akan muncul lagi.

Inilah Beragam Cara Mencegah Terjadinya Kutil Kelamin

Selain metode pengobatan, penyakit ini juga memiliki cara pencegahan. Supaya terhindar dari apa itu kutil kelamin, ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mencegahnya, meliputi:

  • Supaya tidak tertular, hindari berhubungan intim dengan seseorang yang sedang mengidap penyakit ini.
  • Memakai pengaman saat berhubungan intim. Sebab, virus HPV dapat menginfeksi bagian area intim yang tidak terlindung alat pengaman. Tapi, penting dipahami bahwa suntik implant atau KB tidak mampu mencegah penularannya.
  • Tidak berganti-ganti pasangan karena penyebaran serta penularan virus akan lebih mudah terjadi, apalagi untuk berhubungan intim.
  • Melakukan vaksin HPV. Jenis vaksin ini dianjurkan bagi seseorang yang berusia 9 hingga 45 tahun. Fungsi vaksin ini adalah melindungi tubuh dari virus HPV yang bisa mengakibatkan kutil kelamin bahkan kanker serviks.
  • Melakukan tes kesehatan, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga pasangan. Terutama untuk mengetes terkait ada dan tidaknya indikasi penyakit ini. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman, sebaiknya komunikasikan terlebih dahulu dengan pasangan.
  • Untuk menurunkan tingkat risiko, gunakan dental dam atau pengaman yang bisa dipakai oleh perempuan saat berhubungan intim.

Dari beragamnya metode pengobatan, pilih yang paling tepat sesuai anjuran dokter. Biasanya akan dicek terlebih dahulu seberapa parah kondisinya sebelum menentukan metode pengobatan paling tepat. Supaya tidak menyebar, jangan mengabaikan pengobatan apa itu kutil kelamin.