Mengenal Lebih Jauh Anatomi Mata dan Fungsinya

Tubuh manusia terdapat lima panca indra manusia, salah satu kelima panca indera tersebut adalah indera penglihatan. Dalam panca indera penglihatan tentunya terdapat anatomi di dalam mata manusia. Nah, kali ini kita akan membahas anatomi mata dan fungsinya.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dalam tubuh manusia terdapat sistem panca indera. Panca Indra KBBI memiliki arti alat perasa yang terdiri dari lima macam. Jadi, panca indera adalah bagian-bagian dalam tubuh yang memiliki fungsi mendeteksi keadaan luar tubuh.

Anatomi Mata dan Fungsinya dalam Tubuh Manusia

Mata merupakan salah satu anggota tubuh penting yang terdapat dalam tubuh manusia. Fungsi mata sendiri yaitu sebagai alat penglihatan. Tanpa adanya anggota tubuh ini anda tidak dapat melihat kemacetan di jalan, rintik-rintik hujan, hijaunya persawahan dll.

Oleh karena itu anda harus mengenal dan memahami anatomi mata dalam tubuh manusia beserta fungsinya. Anatomi mata manusia terbagi menjadi dua bagian, bagian tersebut yakni anatomi mata dalam dan anatomi mata luar.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apa saja anatomi mata dan fungsinya, anda dapat menyimaknya dalam artikel berikut ini.

1. Bilik Mata Depan

Anatomi mata dan fungsinya yang pertama yakni bilik mata depan atau biasa dikenal anterior chamber adalah salah satu bagian mata yang berisi cairan aqueous humor. Cairan ini berfungsi untuk membantu membawa nutrisi ke dalam jaringan mata manusia.

Selain itu, cairan ini juga memiliki fungsi penyeimbang tekanan dalam mata. Letak bilik mata depan sendiri berada di belakang kornea dan di depan lensa.

2. Kornea

Kornea adalah jaringan yang terdapat dalam mata berbentuk kubah transparan guna membentuk bagian mata paling luar.

Fungsi dari kornea adalah memberikan 65-75 persen kekuatan fokus pada mata dan sebagai jalan masuknya cahaya ke mata anda.

Hal yang perlu anda ketahui adalah jagalah kesehatan kornea mata anda sebaik mungkin, pasalnya dalam kornea terdapat banyak ujung saraf yang akan membuat kornea mata anda sangat sensitif.

3. Koroid

Anatomi mata dan fungsinya yang ketiga adalah koroid. Koroid merupakan salah satu bagian mata yang memiliki bentuk membrane coklat gelap dan di dalamnya terdapat banyak pembuluh darah.

Fungsi koroid ini untuk mengangkut nutrisi dan darah ke retina mata hingga ke seluruh struktur bagian-bagian mata manusia. Untuk posisi koroid sendiri yaitu terletak di antara retina dan sklera.

4. Konjungtiva

Konjungtiva merupakan lapisan tipis jaringan yang telah menutupi seluruh bagian mata manusia. Konjungtiva sendiri terletak di bagian depan mata manusia.

Terdapat gangguan mata yang terjadi di bagian konjungtiva yakni konjungtivitis atau biasa dikenal pink eye. Gangguan ini disebabkan oleh alergi, virus, dan infeksi bakteri.

Gangguan ini tentunya akan menyebabkan peradangan serta pembengkakan pada bagian konjungtiva.

5. Sklera

Anatomi mata dan fungsinya yang kelima adalah sklera. Sklera merupakan bagian mata yang memiliki bentuk selaput putih keras dilengkapi jaringan fibrosa yang berfungsi mendindingi seluruh bola mata manusia, kecuali kornea.

Di dalam sklera terdapat otot-otot yang berfungsi menggerakan mata ke segala arah. Selain itu, terdapat juga gangguan yang terjadi pada bagian sklera mata.

Gangguan tersebut dinamakan skleritis, gangguan ini akan mengakibatkan pembengkakan hingga peradangan pada mata manusia.

Tahukah Kamu Cara Mempertajam Perlihatan

6. Pupil dan Iris

kedua bagian mata ini memiliki hubungan erat satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Pupil merupakan bagian kecil tengah yang terdapat dalam iris, pupil sendiri memiliki fungsi sebagai memberikan batasan cahaya masuk dengan cara membesar atau mengecilkan pupil.

Sementara iris merupakan membran dengan bentuk cincin yang dielilingi bulatan lagi di dalamnya dengan warna yang lebih gelap. Iris berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk ke dalam mata sesuai dengan pupil.

7. Lensa

Anatomi mata dan fungsinya yang ketujuh adalah lensa. Lensa merupakan salah satu bagian mata yang sangat transparan dan lentur. Lensa terletak pada bagian belakang pupil dan iris mata.

Fungsi lensa sendiri adalah untuk memfokuskan cahaya dan gambar pada retina dengan kekuatan fokus 25-35 persen di mata manusia.

Gangguan yang sering terjadi pada bagian lensa adalah katarak. Kondisi ini terjadi saat adanya noda seperti kabut menutupi bagian lensa mata.

8. Retina

Retina merupakan salah satu jaringan mata yang sangat peka dan sensitif terhadap cahaya. Cara kerja retina adalah mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi impuls listrik.

Kemudian impuls listrik tersebut akan dibawa saraf optik ke dalam otak dan akhirnya otak manusia akan menafsirkan gambar yang dilihat oleh mata.

Terdapat masalah mata yang sering terjadi pada bagian retina yakni syndrome usher, oklusi vena retina, luka pada retina, retinopati prematur, retinoblastoma, retinopati diabetik, dan sebagainya.

Jadi ini, Penyebab Sakit Mata Sebelah Kiri !!!

9. Badan Vitreous

Vitreous merupakan zat yang umumnya memiliki tekstur seperti jeli dan mengisi bagian belakang dalam mata manusia.

Hal yang harus anda waspadai jika penglihatan mata terlihat seperti ada awan putih mengembang, sebaiknya anda berkonsultasi dengan ahli nya. Kejadian tersebut biasanya terjadi karena zat vitreous terpisah dan dapat mengakibatkan lubang di retina mata.

10. Makula

Makula adalah area yang sangat sensitif dan terletak di tengah retina. Pada bagian pusat makula terdapat fovea dengan fungsi untuk memberikan penglihatan secara lebih rinci dan tajam pada mata manusia.

Makula memiliki peran yang sangat penting untuk anda dapat melihat objek secara rinci dan melihat warna-warna objek. Hal tersebut terjadi karena macula memiliki sel-sel fotoreseptor yang tinggi guna mendeteksi cahaya yang masuk dan mengirimkannya ke dalam otak.

Salah satu gangguan yang sering terjadi pada makula adalah degenerasi makula, penyakit ini biasanya terjadi pada seseorang dengan umur 50 tahun keatas.

11. Kelopak Mata

Anatomi mata dan fungsinya yang terakhir adalah kelopak mata. Kelopak mata atau biasa dikenal dengan palpebral merupakan bagian anggota mata yang terletak di bagian paling luar.

Fungsi dari kelopak mata sendiri yakni untuk melindungi kornea mata, menjaga kesehatan mata, serta membantu air mata menyebar luar merata ke seluruh bagian mata.

Selain itu, terdapat gangguan mata yang terdapat pada bagian kelopak mata, seperti bintitan pada mata, meibomianitis, kalazion, dan blefaritis.

Penutup

Nah, itulah anatomi mata dan fungsinya pada tubuh manusia. Tentunya dengan memahami bagian-bagian yang terdapat pada mata anda semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan mata.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan dalam anatomi mata terdapat bagian-bagiannya yakni kelopak mata, makula, bilik mata depan, kornea, pupil, iris, lensa, koroid, konjungtiva, badan vitreous, dan retina.

Semua bagian bagian tersebut pastinya memiliki fungsi yang sangat penting bagi mata manusia, tidak hanya berfungsi sebagai penglihatan saja tapi bagian-bagian tersebut juga berfungsi menyalurkan objek kedalam otak untuk ditafsirkan.